Gandeng BP, AKR bakal bangun 350 SPBU

Senin, 08 Januari 2018 | 21:17 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT AKR Corporindo Tbk akan mengandeng British Petroleum (BP) -perusahaan migas asal Inggris untuk membangun 350 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Indonesia dalam 10 tahun ke depan.

Presiden Direktur AKR Corporindo, Haryanto Adikoesomo mengatakan, pada tahap awal akan dibangun 17 SPBU yang tersebar di Jakarta, Surabaya dan Bandung. Biosolar dan BBM dengan research octane number (RON) 92 merupakan jenis BBM yang akan dipasarkan. "Itu non subsidi saja, Hanya biosolar dan RON 92,” ujar Haryanto di Jakarta, Senin (8/1/2018).

Sejak tahun lalu AKR telah menyepakati pembentukan perusahaan patungan sebagai realisasi kerja sama dengan BP yakni BP AKR Fuels Retail. BP sendiri BP dapat memanfaatkan infrastruktur AKR di Indonesia dan rekam jejak perseroan di bisnis bahan bakar.

Menurut Haryanto AKR menyambut positif keputusan pemerintah yang telah menetapkan perseroan menjadi badan usaha, selain PT Pertamina (Persero) dalam penyaluran BBM jenis tertentu atau solar dalam jangka waktu lima tahun ke depan. Dengan keputusan tersebut turut membantu perusahaan dalam merencanakan ekspansi bisnis serta investasi kedepan.

“Dengan adanya kepastian ini akan ada investasi setiap tahun. Ini sesuai arahan Pak Menteri (Ignasius Jonan) supaya lebih banyak lagi pompa-pompa bensin di Indonesia,” kata dia.

BP bukan merupakan perusahaan baru dalam bisnis sektor migas di Indonesia. Hanya saja selama ini dikenal dominan bermain di sektor hulu. Saat ini BP mengoperasikan proyek gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) Tangguh di Papua Barat. Selain itu, BP juga terlibat dalam produksi lapisan batu bara metana dan pabrik petrokimia melalui BP Petrochemical Indonesia serta memasarkan pelumas Castrol.kbc11

Bagikan artikel ini: