100 Desa di 10 kabupaten ini segera segara diguyur dana desa

Rabu, 10 Januari 2018 | 13:36 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Presiden Joko Widodo memastikan dana desa tahun 2018 sebesar Rp 60 triliun segera dicairkan secara bertahap. Di bulan Januari ini, pemerintah akan menggelontorkan dana sebesar 20 persen dari total dana desa atau sekitar Rp 12 triliun.

Bersamaan dengan pencairan dana tersebut, Jokowi meminta program-program padat karya cash (cash for work) segera dilaksanakan. Terutama program cash for work dibidang infrastruktur dan perikanan.

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro mengatakan, pemerintah akan memulai penyaluran cash for work di 10 kabupaten dengan 100 desa pilihan. Pemilihan kabupaten tersebut didasarkan pada tingkat kemiskinan dan stunting (bayi gizi buruk) tinggi.

"Kita mulai di 10 kabupaten dengan 100 desa. Awalnya kecil tapi dengan daerah yang punya stunting tinggi," ujar Menteri Bambang di kantornya, Jakarta, Selasa (9/1/2018).

Adapun 10 kabupaten cash for work tersebut antara lain Lampung Tengah, Rokan Hulu, Cianjur, Brebes dan Pemalang. Selain itu, daerah timur ditujukan kepada kabupaten Lombok Tengah, Ketapang, Gorontalo dan Maluku Tengah. Sementara untuk Provinsi Papua, dialokasikan ke Kabupaten Wanijaya.

Menteri Bambang mengatakan, penyaluran cash for work tersebut untuk membangun kemandirian masyarakat dalam memanfaatkan dana desa. Selain itu, penyerapan tenaga kerja juga akan semakin besar sebab dana desa akan digunakan untuk membangun infrastruktur di desa.

"Intinya kita berupaya bangun kemandirian, indikasi keberhasilan proyek tepat waktu, sesuai klasifikasi dan paling penting kurangi kemiskinan dan pengangguran. Tidak hanya melibatkan dana desa, tapi juga proyek APBN yang lokasinya ada di desa dan maupun proyek daerah melalui APBN," tandasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: