Bank Jatim gandeng KSP Nasari perkuat pembiayaan sektor kecil dan mikro

Kamis, 11 Januari 2018 | 07:57 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) menjalin kerjasama dengan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Nasari untuk berbagai layanan keuangan. Melalui kerjasama ini nantinya kedua institusi akan bekerjasama dalam penyaluran kredit, perluasan jaringan layanan hingga peningkatan teknologi.

Direktur Utama Bank Jatim, R Soeroso mengatakan, kerjasama dengan KSP Nasari ini adalah salah satu wujud komitmen Bank Jatim dalam mendorong pertumbuhan ekonomi skala kecil dan mikro.

“KSP Nasari ini selama ini dikenal sebagai koperasi anggotanya asebagian besar adalah para pensiunan PNS, TNI dan Polri. Ini tentunya menjadi peluang tersendiri bagi Bank Jatim untuk bekerjasama dengan KSP Nasari khususnya dalam penyaluran kredit untuk para pensiunan PNS, TNI dan Polri karena para pensiunan ini masih dengan segala pengalaman dan kemampuannya tentunya bisa . Kami masih merumuskan skema kerjasama kredit yang akan kami lakukan kedepan,” ujar Soeroso di sela penandatangan kerja sama antara Bank Jatim dengan KSP Nasari di Hotel Bumi Surabaya, Rabu (10/1/2018).

Ia menambahkan, skema kredit yang bisa dikerjasama dengan KSP Nasari kedepan bisa bermacam-macam, mulai kredit Loan Agreement dan Dana Bergulir (Dagulir) yang bunganya rendah,atu bisa pula kredit knvensional dengan pola executing.

Selain kerjasama kredit, keduanya juga akan bekerjasama dalam pengembangan jaringan dengan pemanfaatan layanan keuagnan tanpa kantor atau Laku Pandai yang sudah dipunyai Bank Jatim.

Sementara itu, Ketua KSP Nasari, Sahala Panggabean mengatakan kerjasama dengan Bank Jatim ini sangat penting untuk menjangkau lebih banyak masyarakat. “Dengan jaringan Bank Jatim yang ada di setiap Kabupaten/Kota di Jawa Timur, bahkan hingga ke kecamatan, tentunya akan menjadi potensi yang sangat baik untuk digarap,” tutur Sahala.

Saat ini, KSP Nasari yang beroperasi di seluruh Indonesia sudah mempunyai 108 ribu anggota di Jatim. Dengan potensi pensiunan PNS, TNI dan Polri yang mencapai 1 juta orang di Jatim, Sahala mengatakan pihaknya akan  semakin gencar mencari pasar baru di Jatim.

Saat ini KSP Nasari mempunya 86 kantor cabang di seluruh Indonesia. Hingga akhir tahun lalu, koperasi yang berkantor pusat di Semarang ini berhasil menyalurkan kredit hingga Rp 510 miliar di seluruh Indonesia dimana sekitar Rp 60 miliar diantaranya disalurkan di wilayah Jatim. kbc8

Bagikan artikel ini: