Terungkap sudah! Dian Sastro beber rahasia biar foto kita banyak di-like

Kamis, 11 Januari 2018 | 13:48 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perusahaan penyedia jasa fotografi perjalanan, Frame A Trip, melakukan riset tren likes dan perilaku konsumen Indonesia dari layanan holiday photography yang diberikan selama 2017.

"Likes ini penting, sebab itu mendefinisikan status pergaulan di media sosial,” kata Dian Sastrowardoyo, aktris yang merupakan pendiri Fram A Trip.

Riset Fram A Trip menunjukkan, 50% pelanggan Frame A Trip ternyata berusia 25-34 tahun yang merupakan kaum milenial Indonesia. “Dari sampel kami menemukan jumlah likes akan bertambah 96,9% jika unggahan foto di Instagram diambil oleh fotografer profesional," jelasnya.

Berikut sejumlah poin temuan riset tersebut:

#Bali Destinasi Foto Favorit

Selama 2017, Frame A Trip melayani pasar wisatawan asal Indonesia dengan perjalanan liburan 71% kebanyakan ke wilayah Asia. Hal ini terlihat dengan 3 negara di Asia, yakni Indonesia, Jepang dan Singapura memang mendominasi 5 negara paling digemari untuk tujuan foto sambil berlibur.

Secara lebih spesifik di tingkat kota, Bali menduduki urutan pertama, diikuti oleh Paris, Tokyo, London, serta Kyoto yang menjadi 5 kota destinasi paling favorit.

#Foto Outdoor Perkotaan Paling Digemari

Untuk lokasi foto, wisatawan Indonesia ketika berfoto dengan fotografer profesional kecenderungannya 88% memilih foto luar ruangan dengan 68% nya suka tema berlatar perkotaan, 90% di antaranya mengambil latar perkotaan dengan obyek ciri khas dari kota destinasi wisata (landmark). Contohnya background Menara Eiffel di Paris atau Big Ben di London.

Hanya 32% yang suka foto outdoor berlatar suasana alam, lokasi pantai (83%) jadi pilihan utama foto liburan, contoh yang terkenal adalah pantai Melasti di Bali.

#Pose Favorit Saat Berlibur

Dari hasil foto-foto Frame A Trip selama tahun 2017, ternyata wisatawan Indonesia 79% bergaya tanpa mencium dengan 35% pose-nya gaya bebas, 33% berpegangan tangan, dan 32% memakai pose andalan merangkul pasangan foto.

Dari sisi penampilan, 85% pengguna Frame A Trip saat foto sesi lebih memilih pakaian casual dan 69% hanya memakai makeup yang tipis sekedar terlihat fresh di depan kamera.

Untuk 11% mereka yang saat difoto menggunakan baju tradisional, biasanya karena destinasi wisatanya memang terkenal dengan baju adat, contohnya Jepang dengan kimono-nya atau Korea Selatan dengan hanbok-nya. kbc4

Bagikan artikel ini: