Sri Mulyani godok skema kenaikan gaji PNS

Jum'at, 12 Januari 2018 | 09:13 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Keuangan tengah mendiskusikan rencana perubahan struktur gaji bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang nantinya akan didiskusikan pada sidang kabinet bersama Presiden Joko Widodo.

Sebelum itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menuturkan, pihaknya terlebih dulu melakukan diskusi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) yang dipimpin oleh Menteri Asman Abnur.

"Saya belum bisa membicarakan mengenai hal itu, tapi pemikiran bersama Menteri PAN-RB nanti akan disampaikan di sidang kabinet," tutur Sri Mulyani di gedung Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Rabu (10/1/2018).

Sedikit memberi bocoran, Sri Mulyani mengatakan perubahan besaran tersebut berlaku baik untuk gaji pokok hingga dana pensiun yang disesuaikan dengan kemampuan negara.

Tidak hanya bagi PNS perubahan tersebut juga berlalu bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun tenaga honor. "Iya, nanti perhitungannya saya laporin. Seperti yang dilakukan diberbagai tempat yang disebut take home pay atau gaji pokok, ASN bisa berasal dari gaji pokok, tunjangan kinerja (tukin) dan masih ada honor. Nanti kita lihat semuanya," ucap Sri Mulyani.

Dengan adanya kenaikan besaran gaji tersebut diharapkan kesejahteraan PNS bertambah sehingga mampu meningkatkan kinerja dan lebih profesional.

"Sehingga bisa menimbulkan suatu kondisi bagi ASN bekerja secara baik, profesional, namun sesuai dengan kemampuan negara," kata Sri Mulyani. kbc10

Bagikan artikel ini: