Menteri Enggar sebut harga beras impor setara kualitas medium

Jum'at, 12 Januari 2018 | 09:37 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah merestui importasi 500 ribu ton beras khusus. Nantinya beras tersebut akan dijual di pasaran dengan harga yang setara dengan beras medium.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan, dirinya tidak mengetahui secara persis berapa harga beli dari beras impor tersebut di negara asalnya. Namun yang pasti setelah masuk ke Indonesia, beras khusus tersebut akan dijual dengan harga setara beras medium.

"Dan harganya pasti kita tidak peduli harganya berapa, saya jual dengan harga medium. Tapi masuk kategori beras khusus," ujar dia di Kantor Kemendag, Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Enggar juga meminta agar para pedagang yang nantinya mendapatkan pasokan beras ini dapat menjualnya sesuai dengan ketentuan. "Jangan pernah jual beras di harga berlebihan," lanjut dia.

Selain itu, Kemendag juga menugaskan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) untuk mengimpor beras khusus tersebut. Hal ini agar beras impor yang masuk bisa dikontrol oleh pemerintah mengingat PPI merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"PPI semuanya (yang impor). Dia boleh dengan mitra tapi harus lewat PPI. Karena supaya saya bisa kontrol. Kalau tidak nanti ada berbagai macam hal yang tidak diinginkan," tandas dia. kbc10

Bagikan artikel ini: