Genjot efisiensi dan kinerja, MAP gunakan Zebra Technologies dan ACS Group

Jum'at, 12 Januari 2018 | 19:02 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Research and Development Advisor PT Mitra Adiperkasa Tbk. (PT MAP), Arun Samak, mengatakan, era digital saat ini mengharuskan pihaknya menyesuaikan strategi hardware perusahaan untuk memastikan kompatibilitas dan fleksibilitas dalam situasi dan aplikasi bisnis masa kini.

”Kami mencari perangkat yang dapat memberikan efektivitas dan efisiensi biaya untuk mencapai hasil dan laba atas investasi yang maksimal. Di saat yang sama, kami membutuhkan layanan purna jual yang responsif dan kuat. Itulah mengapa kami memilih Zebra Technologies dan ACS Group sebagai penyedia solusi PT MAP,” ungkapnya dalam siaran pers yang diterima kabarbisnis.cpm, Surabaya, Jumat (12/1/2018).

Sebagai perusahaan terkemuka di bidang ritel dan gaya hidup di Indonesia, PT MAP memiliki jaringan toko-toko dan mal-mal ritel terluas di Indonesia. MAP memiliki portofolio produk yang sangat bervariasi yang mencakup produk pakaian, department store beragam merek, pakaian anak-anak, perlengkapan olah raga, waralaba makanan dan minuman, serta produk-produk gaya hidup lainnya.

Perusahaan ini mempekerjakan lebih dari 20.000 karyawan, dan mengoperasikan lebih dari 2.000 toko ritel di 69 kota. PT MAP bekerja sama dengan ACS Group, mitra Zebra Premier Solutions, untuk memilih solusi yang meningkatkan produktivitas staf dan pengendalian inventaris di seluruh rantai pasok perusahaan dengan menerapkan komputer mobile MC55 dan sled RFID RFD5500 di tempat perbelanjaan, dan komputer mobile MC3200 di gudang.

General Sales Manager, ACS Group, Nuning Kustiawita, menegaskan, dengan layanan dukungan OneCare yang komprehensif dari Zebra, yang mencakup kerusakan akibat pemakaian dan ketidaksengajaan, para pelanggan seperti PT MAP dapat merasa tenang saat menggunakan perangkat Zebra. Layanan ini meliputi hampir semua garansi, kecuali hilangnya perangkat.

Dengan MC55, PT MAP telah melaporkan peningkatan dalam hal produktivitas staf, serta kontrol inventaris yang lebih baik di toko-toko ritelnya. Mengandalkan pemindaian barcode, para karyawan tidak lagi melakukan pembaruan atau entri secara manual pada sistem ketika mereka mengisi barang-barang di bagian depan toko dari bagian belakang toko, sehingga mengurangi kemungkinan kehabisan atau penumpukan stok, karena visibilitas real-time terhadap inventaris toko memungkinkan mereka untuk mengisi kembali barang-barang hanya saat diperlukan.

PT MAP juga telah menerapkan teknologi RFID di gerai pakaian mereka, dengan menggabungkan sled RFID RFD5500 dari Zebra dengan komputer mobile MC55. Karyawan toko dapat dengan mudah memindai lokasi barang, membaca data RFID, serta memindai barcode dengan lancar. Efisiensi dan efektivitas pelacakan dan penelusuran secara real-time telah menghasilkan penghematan waktu bagi karyawan PT MAP, serta meningkatkan kepuasan pelanggan karena setiap karyawan toko dapat menemukan persediaan barang dengan cepat dan akurat.

Sementara itu, di gudang, para karyawan PT MAP dapat mengumpulkan data secara akurat dan cepat dengan MC3200 di setiap tahap rantai pasokan, sehingga menghadirkan pengelolaan inventaris yang lebih baik, karena para pembuat rencana dan manajer dapat melacak volume barang yang masuk dan keluar setiap harinya. Hal ini memastikan bahwa tingkatan inventaris yang sesuai tersedia di tiap toko setiap saat, yang telah membantu PT MAP dalam menjaga kepuasan para pelanggannya.kbc6

Bagikan artikel ini: