PLN Distribusi Jatim tuntaskan program bedah rumah di Surabaya

Minggu, 14 Januari 2018 | 10:29 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur kembali merampungkan renovasi rumah di daerah Surabaya. Hal ini ditandai dengan penyerahan kunci rumah kepada pemiliknya, pensiunan pegawai PLN Facthur Rachman di Bulak Rukem Surabaya.

Penyerahan kunci rumah oleh General Manager PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Dwi Kusnanto secara simbolis tersebut sebagai bukti telah usainya program Bedah Rumah untuk pensiunan tahun 2017.

Deputy Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jatim, Pinto Raharjo mengatakan bahwa PT PLN Distribusi Jawa Timur berupaya membantu para pensiunannya dengan melakukan program “Bedah Rumah”. Pada tahun 2017 kemarin, ada sekitar 8 rumah pensiunan PLN yang dibedah.

“Dana yang dialokasilan untuk program bedah rumah ini adalah dana CSR PLN, setiap rumah mendapatkan sekitar Rp 40 juta. Jadi total dana yang harus kami keluarkan sekitar Rp 320 juta untuk renovasi 8 rumah,” ujar Pinto di Surabaya, Minggu (14/1/2018).

Menurut Pinto, program ini sebenarnya sudah berjalan sejak 2010. Dalam setiap tahun, rumah yang dibedah sekitar 10 rumah hingga 15 rumah, tergantung pendanaan yang tersedia. Dan program ini terinspirasi dari banyaknya pensiunam PLN yang tidak mampu. Dan program ini sesuai dengan permintaan Ikatan Keluarga Pensiunan PLN (IKA PLN) Distribusi Jatim.

“Ini usulan dari IKA PLN. Dalam pelaksanaannya, yang akan menyurvei dan menentukan rumah pensiunan  mana yang akan dibedah adalah IKA PLN Distribusi Jatim. Karena jumlah pensiunan yang membutuhkan itu sangat banyak,” tambah Pinto.

Setelah diseleksi oleh IKA PLN Distribusi Jatim, maka diputuskan bahwa pada tahun 2017 ada sekitar 8 rumah yang dibedah yang tersebar di lima kota. Yaitu 2 unit rumah di Surabaya, 2 unit  rumah di Pamekasan, 2 unit rumah di Jember, 1 unit rumah di Madiun dan 1 unit rumah di Banyuwangi.

Sementara itu, melalui anak sulungmya, Fatchur Rachman mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah memberikan bantuan melalui program ini. Terimakasih juga diungkapkan oleh ketua RT setempat, Rachmat. Ia mengatakam bahwa  program CSR bedah rumah dari PT PLN ini sangat bagus dan berarti bagi warganya. Karena kondisi sebelum mendapatkan program CSR rumah Fatchur dinilai sangat tidak layak huni.

“Sekarang rumah beliau terlihat jauh lebih layak dari sebelumnya, mudah-mudahan program dari CSR PT PLN seterusnya dilakukan dan meningkat,” pungkas Rachmat. kbc6

Bagikan artikel ini: