Trump kembali bikin kontroversi: Tahan duit bantuan untuk Palestina

Rabu, 17 Januari 2018 | 07:55 WIB ET

WASHINGTON, kabarbisnis.com: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali bikin kontroversi. Trump akan memberikan bantuan senilai 60 juta dolar AS untuk Palestina melalui PBB, tetapi akan menangguhkan pemberian 65 juta lainnya dengan alasan "untuk pertimbangan ke depan".

Washington merasa kesal karena terus di-bully dalam penyelesaian konflik Palestina-Israel terutama setelah Trump membuat kebijakan kontroversial soal pengakuan Yerusalem sebagai ibukota Israel. 

Donald Trump dalam Twitter 2 Januari lalu menyatakan bahwa AS memberi Palestina "ratusan juta dolar setiap tahun, tetapi tidak mendapat apresiasi”. 

“Palestina bahkan tak mau menegosiasikan perjanjian damai jangka panjang dengan Israel, mengapa kami harus melakukan pembayaran besar-besaran untuk mereka di masa depan?", tulis Trump waktu itu, sebagaimana dikutip Reuters.

Seorang Pejabat AS menyatakan, badan urusan pengungsi PBB (UNRWA) yang akan menerima uang dari AS itu harus secara fundamental dievaluasi kembali operasionalnya.

"Kini waktunya untuk negara-negara lain yang beberapa di antaranya kaya raya, maju mengganti dan ambil bagian dalam memajukan keamanan dan stabilitas kawasan," kata pejabat itu. kbc10

Bagikan artikel ini: