Siapkan fitur unggulan, LG bidik market leader lagi pasar AC Inverter

Jum'at, 19 Januari 2018 | 07:17 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Produsen elektronik, PT LG Electronics Indonesia (LG) bakal lebih agresif memasarkan pendingin ruangan (Air Conditioner/AC) berteknologi inverter di Indonesia. Head of Product Marketing – Residential Air Conditioning LG Indonesia, Arief Sasono Adji, mengatakan pihaknya sudah menyiapkan beberapa inovasi  unggulan untuk memperkuat pasarnya di Indonesia.

“Berdasarkan data GfK, kami tercatat menjadi market leader di pasar AC inverter di Indonesia dengan market share mencapai 58,8% pada tahun 2017 lalu. Tahun 2018 ini kami ingin meningkatkan penguasaan pasar hingga 67%, salah satunya melalui fitur unggulan pada produk kami yang berbasiskan ketahanan, kenyamanan dan kecerdasan,” tutur Arief kepada wartawan, Kamis (18/1/2018).

Beberapa fitur dan teknologi baru yang akan dibenamkan dalam produk AC Inverter LG di Idnonesia tahun ini adalah fitur Smart ThinQ yang menjadikan pengguna akan dapat mengendalikan AC inverter LG Dual Cool Series keluaran 2018 dari jarak jauh menggunakan smartphone miliknya. Aplikasi khusus LG untuk Smart ThinQ ini tersedia bagi dua sistem operasi populer pada smartphone, Android dan iOS.

Selain itu, LG Indonesia menjanjikan seluruh AC inverter LG Dual Cool series di tahun ini bakal menggunakan refrigerant R32 yang lebih ramah lingkungan.

Di sisi mesin, LG menyiapkan kompresor khusus bertajuk Dual Inverter Compressor pada seluruh varian AC LG Dual Cool terbaru yang dikatakan mampu mengoptimalkan kerja hemat listrik AC terbaru LG ini hingga 70%. Disamping itu, hal ini juga memberi manfaat pada kecepatan pendinginan hingga 40% dibandingkan dengan AC sejenis.

Dari sisi ketahanan penggunaan, bakal seri AC inverter LG di tahun ini dikatakan akan menggunakan material tembaga pada bagian kondensornya. Keputusan ini tak lepas dari rawannya kondensor sebagai bagian yang menjadi pusat pertukaran aliran udara dan pendinginan pada AC karena letaknya yang berada di unit luar (outdoor) AC. Penggunaan material tembaga ini bukan hanya melapisi, namun menjadi material utama kondensornya. Melengkapi penjagaannya pada bagian kondensor, LG menerapkan lapisan emas bertajuk Gold Fin yang telah dipatenkan memiliki kemampuan anti karat.

Sementara itu, merujuk pada data lembaga riset indepanden GfK, terjadi lompatan besar hingga lebih dari dua kali lipat dari jumlah unit AC inverter yang tersebar di Indonesia sepanjang 2017. Bila di tahun 2016 jumlah AC inverter yang tersebar mencapai kisaran 45.000 unit, pada sepanjang tahun 2017 angka sebarannya mencapai 97. 000 unit. Kbc8

Bagikan artikel ini: