INKA klaim LRT buatannya termodern di dunia

Jum'at, 19 Januari 2018 | 22:49 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT INKA (Persero) mendapatkan kontrak untuk memproduksi kereta light rail transit (LRT) Jabodebek dan Palembang. Hal ini membuktikan jika produk transportasi massal dalam negeri telah mendapatkan kepercayaan.

Direktur Utama INKA Budi Noviantoro mengatakan, LRT yang diproduksi oleh INKA merupakan generasi terbaru dan lebih modern dibandingkan LRT yang sudah ada di negara-negara lain.

"LRT Jabodebek ini yang termodern, terbaru, karena dia pakai moving block, sehingga automatic semuanya. Tidak pakai masinis. Ini paling modern untuk kelas LRT, Indonesia mungkin menggunakan kelas yang terbaru," ujar dia di Madiun, Jawa Timur, Jumat (19/1/2018).

Selain itu, kecepatan maksimal LRT buatan INKA ini bisa mencapai 120 km per jam. Namun, saat beroperasi nanti diperkirakan kecepatannya hanya mencapai 70 km per jam karena harus menyesuaikan jarak antarstasiun.

"Didesain bisa sampai 100 km per jam. Tapi jarak stasiun kan pendek-pendek. Jadi, paling 70 km per jam. Tapi kalau mau lari jarak jauh 120 km per jam bisa," kata dia.

Khusus untuk LRT Jabodebek, jika telah beroperasi nanti, jeda jarak (head way) antarkereta LRT hanya sekitar 1,5 menit. Dengan demikian akan ada 30 perjalanan LRT per jam.

"Karena head way-nya 1,5 menit. Jadi, tidak boleh ada human error. Ini generasi yang terbaru. Karena kalau head way-nya lebih kecil, maka kapasitasnya lebih besar. Kalau head way-nya 1,5 menit, berarti ada 30 kereta perjalanan untuk satu arah," tandas dia. kbc10

Bagikan artikel ini: