Dongkrak jumlah pengguna, Doku perluas pasar ke tiga kota

Senin, 22 Januari 2018 | 07:41 WIB ET

BANDUNG, kabarbisnis.com: Sepanjang 2017, aplikasi Doku mengalami pertumbuhan bisnis 30 persen. Hal tersebut seiring dengan jumlah merchant yang bekerja sama.

“2017 lalu merchant kita 20.000, per Januari 2018 ini sudah 30.000,” ujar VP Public Relations Doku Anistasya Kristina akhir pekan lalu.

Anistasya mengatakan, pada 2017 lalu pihaknya fokus pada pengembangan produk. Hingga terciptalah berbagai jenis produk yang siap digenjot di tahun ini. Seperti Pinjam Doku yang menjembatani UKM atau start up dengan merchant landing.

Program lainnya, di antaranya payroll solution, yakni pembayaran gaji melalui aplikasi doku. Untuk mengoptimalkan berbagai program ini pihaknya tahun ini ekspansi ke tiga kota besar, yakni Bandung, Surabaya, dan Bali.

“Ketiga kota ini pasarnya luar biasanya, kotanya kreatif banget. Jadi wajar kalau kami ekspansi ke tiga kota ini untuk menjaga bahkan menggenjot pertumbuhan,” tuturnya.

Selama ini, sambung Anistasya, lebih dari dua juta pengguna Doku mayoritas berada di seputar Jabodetabek. Ekspansi bisnis di tiga kota besar itu tentunya akan mendongkrak pengguna aplikasi payment gateway yang mendapat lisensi dari Bank Indonesia (BI) No 14/898/DASP pada 20 Desember 2012.

Salah satu langkah yang diambil Doku untuk mendekatkan diri dengan masyarakat Bandung adalah terlibat dalam acara Tahura Trail Run di Taman Hutan Raya (Tahura) Ir J Djuanda Bandung.

Komunitas lari, sambung dia, pasar potensial bagi Doku. Komunitas ini diisi berbagai segmen, dari orang dewasa hingga anak-anak. Karena ajang lari yang digelar pun beragam untuk tingkat pelari profesional atau untuk have fun seperti keluarga.

Tidak hanya ekspansi ke dalam negeri, Doku membidik remittance di Hongkong, Taiwan, Malaysia, dan Singapura. Di empat negara tersebut, Doku membidik para buruh migran yang membutuhkan saluran payment gateway.

“Dari empat negara ini, Hongkong lebih dulu jalan. Bisa kirim uang ke kampung halaman secara kata dia. kbc10

Bagikan artikel ini: