Weleh! Ribuan kakek-kakek ini antre daftar jadi pegawai Alibaba

Rabu, 24 Januari 2018 | 09:59 WIB ET

BEIJING, kabarbisnis.com: Ada yang unik dari perusahaan China, Alibaba. Peritel daring anak perusahaan Alibaba, Taobao, membuka lowongan kerja dengan persyaratan khusus, yakni pelamar harus berusia 60 tahun ke atas. Menariknya, hanya dalam waktu 24 jam, sudah ada 1.000 orang yang melamar pekerjaan itu.

Mengutip Business Insider, Selasa (23/1/2018), Taobao merupakan peritel daring terbesar di China. Adapun tujuan perekrutan pegawai berusia senior tersebut adalah untuk melakukan asesmen terhadap produk-produk yang dikhususkan bagi konsumen paruh baya dan manula.

"Kami menerima sekitar 1.000 lamaran pada hari pertama pengumuman lowongan kerja," kata juru bicara Alibaba.

Adapun profil pelamar antara lain mantan guru, hakim, pegawai negeri sipil, hingga polisi. Bahkan, banyak pengguna Taobao yang masih muda mendorong orang tua mereka untuk turut melamar.

Hingga pekan lalu, pelamar berusia tertua adalah 83 tahun. Salah satu hal yang menjadi daya tarik lowongan pekerjaan ini adalah gajinya yang tinggi.

Di Beijing, gaji pegawai selama setahun mencapai US$18.600 atau setara sekitar Rp 249 juta. Sementara itu, Taobao menawarkan gaji 64.000 dollar AS atau 857,6 juta.

Selain gaji, pegawai tersebut juga akan memiliki hubungan yang harmonis dengan anak-anak mereka, membaca tentang psikologi dan sosiologi, serta merasakan pengalaman belanja daring selama setahun.

Selain itu, Taobao juga menyatakan bakal memiliki kelompok konsumen usia paruh baya dan manula. Saat ini, Taobao memiliki 30 juta pengguna berusia sekitar 50 tahun.

Pada tahun 2020, diperkirakan 255 juta warga China akan berusia 60 tahun ke atas. Ini bisa menjadi kesempatan besar bagi ekspansi bisnis Taobao.

"Kami menciptakan versi Taobao yang baru yang dirancang khusus bagi konsumen senior, pun disesuaikan dengan kebiasaan dan kebutuhan mereka," ujar juru bicara Alibaba. kbc10

Bagikan artikel ini: