REI ingin ciptakan banyak kota mandiri

Rabu, 24 Januari 2018 | 10:17 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kalangan pengembang properti yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Real Estate Indonesia (REI) komitmen fokus pada kontribusi terhadap program sejuta rumah dan mendorong terciptanya kota mandiri baru.

Ketua Umum REI Soelaeman Soemawinata mengatakan terkait kontribusi terhadap program satu juta rumah, pihaknya menargetkan jumlah kontribusi anggotanya bisa meningkat 20% dari realisasi tahun lalu. Menurutnya, hingga akhir 2017 REI setidaknya sudah membangun 206.000 unit rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Selain program sejuta rumah REI juga akan berfokus tahun ini untuk mematangkan kajian mengenai kota mandiri. “Ada dua kota mandiri tambahan yang kami rencanakan,” katanya pada pekan lalu.

REI, katanya, sedang melakukan kajian dan pendataan sejumlah lokasi baru untuk diajukan ke pemerintah sebagai kota baru atau kota mandiri.

Pihaknya mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melakukan kajian tersebut karena para anggota REI sudah berpengalaman untuk membangun kota terpadu.

“Kita memberikan input bagaimana kota baru atau kota mandiri itu bisa menampung penduduk MBR [masyarakat berpenghasilan rendah],” jelasnya.

Dia menyatakan ada sejumlah kota yang sudah pasti akan dikembangkan sebagai kota mandiri. Misalnya di Maja, Kabupaten Lebak, Banten, dengan pengembang salah satunya adalah Ciputra Group dengan nama proyek Citra Maja Raya. kbc10

Bagikan artikel ini: