Perkembangan startup diyakini mampu gerakkan ekonomi

Kamis, 08 Februari 2018 | 14:38 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Berkembangnya bisnis startup diyakini mampu menggerakan perekonomian ke arah yang lebih baik. Apabila semua proses startup, industri, dan pendidikan mampu terintegrasi dengan baik, maka diharapkan inovasi dapat berkembang dengan baik, semakin banyak dan bermanfaat bagi banyak orang.

Hal itu dikatakan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir membuka perhelatan National Startup Summit (NSS) 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang. Menurutnya, NSS 2018 mempertemukan lebih kurang 3.000 pelaku dan mentor startup seluruh Indonesia serta menghadirkan 50 pembicara bidang startup baik dalam maupun luar negeri.

Acara bertajuk “Startup for All” ini merupakan penyelenggaran kedua yang diprakarsai oleh National Startup Forum setelah sebelumnya dilaksanakan pada 2017 di tempat yang sama.

“Negara yang akan menang bukan dengan besar, dengan jumlah penduduk besar. Namun negara yang akan menang adalah Negara yang punya inovasi,” kata Menteri Nasir dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/2/2018)..

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Nasir mengatakan bahwa dibutuhkan komitmen dan konsistensi dalam mengembangkan startup. Menristekdikti mengatakan bahwa mengelola startup tidak jauh berbeda dengan melakukan riset, dibutuhkan berberapa kali percobaan sehingga satu startup berhasil. Oleh karena itu para pelaku startup harus memiliki semangat pantang menyerah. Satu kegagalan bukan berarti dari kegagalan usaha startup.

 “Pemerintah memfasilitasi, masalah regulasinya seperti apa. tapi jangan sampai regulasi menghambat inovasi,” ungkap Menteri Nasir. kbc10

Bagikan artikel ini: