Ekonomi global bergejolak, ini saran DPR untuk pemerintah

Minggu, 11 Februari 2018 | 15:08 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pengaruh ekonomi global masih akan menghantui pertumbuhan ekonomi RI sepanjang 2018. Selain itu, rencana The Fed untuk menaikkan suku bunganya bisa memberikan dampak besar bagi ekonomi RI.

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengatakan, untuk mengurangi dampak global diperlukan fondasi yang kuat. Pemerintah dinilai perlu memperkuat ekonomi mikro khususnya penguatan sektor riil dalam menghadapi tekanan global.

"Saran dari kami di DPR pemerintah harus mengembangkan sektor rill, meningkatkan devisa secara industri kreatif," ujar Taufik kepada Medcom.id, Jakarta, Sabtu (10/2/2018).

Menurutnya, penguatan sektor riil bisa dilakukan dengan pengoptimalan penggunaan dana desa. Ia menilai penggunaan dana desa bisa memberikan multiplier effect yang melibatkan beberapa sektor.

Baginya ini bisa menjadi sebuah terobosan. Untuk itu pemerintah diharapkan untuk terus mengawasi penyaluran dana desa agar lebih tepat sasaran. Jika penggunanaan dana desa tepat sasaran, hal itu bisa menjadi penopang ekonomi RI dalam menghadapi tekanan global.

"Itu kan (dana desa) bisa menggerakkan sektor riil juga, padat karya, dan UMKM tentunya. Itu dana desa Rp72 triliun besar sekali," ucap Taufik.

Selain itu, Taufik juga mengingatkan pemerintah untuk berhati-hati dalam menggunakan pinjaman untuk pembiayaan infrastruktur. Sebagaimana diketahui, pemerintah kini tengah mendorong pertumbuhan ekonomi melalui percepatan pembangunan infrastruktur.

"Infrastruktur patut dihitung secara cermat. Jangan sampai menjadi ancaman balik dengan beban utang yang tidak terkendali," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: