Satu lagi startup hadir, kali ini tawarkan layanan digital rekam medis

Rabu, 21 Februari 2018 | 12:12 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perusahaan rintisan (startup) lokal yang bergerak di bidang kesehatan, Gorry Holdings, merilis aplikasi Helopt (Health Optimized) di perangkat Android. Melalui teknologi e-filing, tenaga medis bisa membaca medical record pasien yang telah tersimpan dalam bentuk digital.

Pendiri Gorry Holdings, William Susilo memaparkan, untuk memanfaatkan aplikasi ini, pengguna hanya perlu mengunggah foto hasil pemeriksaan medis, resep dokter, pengeluaran rawat jalan dan inap, serta dokumen lain yang terkait dengan riwayat kesehatan. Setelah diunggah, foto tersebut akan diterjemahkan ke dalam tabulasi data yang terbaca di dalam resume medis dan mudah diekstrak secara online.

Jika nanti dibutuhkan saat pemeriksaan, Helopt dengan mudah menunjukkan seluruh data berikut resume medis pasien per kasus penyakit atau kejadian melalui mobile apps, tanpa harus repot mencari berkas fisiknya.

"Helopt merupakan salah satu produk kami yang mengusung konsep one stop e-Wellness solution. Kami mengembangkan aplikasi ini sebagai solusi untuk memudahkan pengguna dalam menyimpan riwayat data kesehatan dalam jangka panjang,” kata William Susilo.

Data-data yang sudah diunggah akan disimpan ke dalam sistem Helopt, sehingga pengguna cukup melakukan beberapa langkah praktis saat menunjukkan jejak medisnya ke dokter. Teknologi ini juga meminimalkan risiko kehilangan dokumen penting seperti hasil laboratorium, resep obat, rontgen dan sebagainya.

“Kalau rapi menyimpan rekam medis, bisa memudahkan pasien dan praktisi kesehatan untuk melihat riwayat macam-macam obat yang pernah dikonsumsi, termasuk juga melihat riwayat penyakit, sehingga bisa dijadikan dasar untuk tindakan medis berikutnya. Kami juga menjamin kerahasiaan data yang diunggah oleh pengguna, sehingga tidak perlu khawatir akan disalahgunakan atau diperjualbelikan," tuturnya.

Aplikasi Helopt dapat menghasilkan resume medis untuk keperluan second opinion yang dapat diekstrak berdasarkan kasus penyakit. Resume ini memuat pemakaian obat dan dosisnya, diagnosa dokter, riwayat rawat jalan atau inap, hasil pemeriksaan lab, bahkan riwayat imunisasi.

"Kami akan terus menyempurnakan Helopt ke depannya. Apa yang sudah dinikmati pengguna di bulan Februari ini nantinya masih akan dikembangkan lagi," pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: