Sudah setor pajak Rp135 triliun, Bill Gates: Saya seharusnya bayar lebih besar dari itu

Kamis, 22 Februari 2018 | 10:32 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pendiri Microsoft Bill Gates kembali menuai apresiasi dunia. Ini setelah dia mengaku orang seperti dirinya seharusnya membayar pajak jauh lebih besar daripada tarif yang ada saat ini.

Orang terkaya kedua di dunia setelah bos Amazon, Jeff Bezos, itu mengaku sudah membayar pajak hingga USD 10 miliar atau lebih dari Rp 135 triliun sepanjang hidupnya, namun dia merasa itu kurang besar. 

Gates mengkritik sistem pajak Amerika Serikat yang menguntungkan orang kaya. Reformasi pajak yang dilakukan pemerintah Presiden Donald Trump juga tidak mengubah fakta tersebut.

“Saya membayar pajak lebih banyak, lebih dari USD 10 miliar, lebih dari semua orang, tapi pemerintah seharusnya membuat orang seperti saya membayar pajak lebih tinggi lagi,” kata Gates dalam wawancara dengan CNN.

Menurut sosok yang dikenal dermawan itu, reformasi pajak yang ditetapkan pemerintah Trump pada Desember lalu hanya berpihak pada orang kaya.

"Orang-orang kaya cenderung merasakan lebih banyak keuntungan dibanding kelas menengah atau warga miskin, jadi ini bertentangan dengan tren yang ingin kita lihat,” kata Gates.

Gates mendesak pembuat kebijakan di AS mengatasi kesenjangan yang terus meningkat, salah satunya dengan kebijakan perpajakan. kbc3

Bagikan artikel ini: