Saingi taksi online, pebisnis rental mobil bentuk koperasi dan rilis aplikasi

Minggu, 04 Maret 2018 | 21:36 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pengusaha persewaan mobil yang tergabung dalam wadah Rent Car Indonesia (RCI) sepakat untuk membentuk koperasi. Selanjutnya badan hukum Koperasi Rent Car Indonesia Sejahtera itu akan menjadi izin tunggal operasional para pengusaha persewaan mobil di seluruh Indonesia.

Khoirul Anam, Sekretaris Jenderal RCI, menjelaskan, sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2018, pengusaha angkutan penumpang diharuskan mendirikan Perseroan Terbatas (PT) atau koperasi. BUMN dan BUMD juga diperbolehkan memiliki usaha angkutan umum penumpang.

"Anggota RCI di seluruh Indonesia  sepakat membentuk koperasi. Dengan demikian para pengusaha rental mobil anggota RCI nanti memiliki izin operasional untuk usaha yang dijalankan," kata Khoirul Anam, salah satu pemrakarsa berdirinya RCI pada bulan Maret 2016.

Khoirul Anam menambahkan, bersamaan dengan pengumuman berdirinya Koperasi Rent Car Indonesia Sejahtera Sabtu tanggal 3 Maret 2018 di Jakarta, akan diluncurkan Aplikasi *Unon Passanger*. "Ini untuk memudahkan masyarakat yang membutuhkan sewa mobil. Caranya sama dengan kalau kita butuh taksi atau angkutan online yang lain," kata Khoirul Anam yang juga pengusaha rental mobil di Sidoarjo.

Aplikasi *Unon Passanger* adalah salah satu produk yang dimiliki Koperasi Rent Car Indonesia Sejahtera yang memiliki motto Kerja Cerdas Memajukan Usaha Bersama untuk Kesejahteraan Anggota.

Koperasi milik anggota RCI ini juga akan membuka usaha bengkel mobil, penjualan spare part kendaraan, asuransi dan jasa leasing.

Ini cocok dengan tagline RCI, yakni BERAKSI. Akronim Bersama, Aspiratif, Kreatif, Solutif dan Inspiratif. Menurut Khoirul Anam, agar bisa bersaing dengan usaha angkutan lain, RCI harus menyesuaikan dengan tuntutan masyarakat yang tinggi. Yaitu mendapatkan angkutannya yang nyaman, aman dengan biaya terjangkau.

"Masyarakat sekarang juga gak mau repot. Karena itu, koperasi sudah menyiapkan aplikasi yang diberi nama *Unon Passanger*. Silakan unduh melalui Playstore. Dengan demikian jika sewaktu-waktu butuh sewa mobil untuk sekadar antar jemput,  mobil khusus untuk pasangan pengantin dan para pengiringnya, Anda tinggal klik, dan dalam tempo singkat kendaraan sudah siap di depan rumah Anda," jelas Khoirul Anam.

"Sepertinya tidak ada cara lain ya, untuk bisa bersaing di zaman now, pengusaha dituntut harus kreatif dan selalu inovatif. Ini yang coba dilakukan dan dipersembahkan RCI untuk anggotanya, sekaligus memenuhi harapan masyarakat pengguna jasa angkutan," tambahnya.

Secara terpisah, Sekretaris Koperasi Rent Car Indonesia Sejahtera, Ajie Suwarno, mengatakan, untuk melayani kebutuhan anggotanya yang kesemuanya pengusaha rental mobil, koperasi akan melayani pembelian mobil baru ataupun kendaraan bekas dengan kredit syariah. Koperasi juga akan membuka usaha asuransi.

"Tidak cuma asuransi untuk kendaraannya. Pengemudi dan pengusaha rental mobilnya juga akan lebih elok jika dilindungi asuransi," ujar Ajie Suwarno, yang juga dikenal sebagai pengusaha properti dengan spesialisasi penyedia rumah siap huni.

"Pengemudi mobil rental yang berprestasi dan berdedikasi pada organisasi, bisa saja kita fasilitasi untuk bisa memiliki rumah," demikian Ajie Suwarno. kbc7

Bagikan artikel ini: