Masih kuasai box office, Black Panther raup pendapatan US$396,6 juta

Selasa, 06 Maret 2018 | 08:02 WIB ET

LOS ANGELES, kabarbisnis.com: Film Black Panther kembali memuncaki daftar box office dengan pendapatan sebesar US$56,2 juta dari pekan ketiga penayangannya. Secara keseluruhan, film tersebut telah mendapatkan US$396,6 juta dari pasar internasional.

Dikutip dari Reuters, film yang dibintangi oleh aktor Chadwick Boseman itu telah mendapatkan sekitar US$897,7 juta secara global pada Minggu (5/4/2018). Dengan torehan tersebut, film ini diperkirakan akan menjadi film ke-5 dari Marvel Cinematic Universe yang berhasil mendapatkan pendapatan di atas US$900 juta.

Empat film Marvel lainnya yang memperoleh pendapatan di atas jumlah tersebut adalah Iron Man yang berhasil meraup US$1,52 miliar, Avengers: Age of Ultron (US$1,4 miliar), Iron Man 3 (US$1,2 miliar), dan Captain America: Civil War (US$1,15 miliar).

Capaian mengesankan ini membuat film Black Panther meraih posisi ke-47 dalam daftar film terlaris di seluruh dunia. Selain itu, film ini juga berhasil menduduki posisi ke-10 dalam daftar film dengan pendapatan terbesar di pasar domestik Amerika Utara sepanjang masa dengan raihan domestik sebesar US$501,1 juta.

Di pasar internasional film ini juga terus menunjukkan performa yang positif. Di Rusia, film ini berhasil meraup pendapatan sebesar US$12,9 juta setelah rilis pada 29 Februari lalu. Sementara itu di pasar domestik Jepang, Black Panther juga berhasil menjadi film barat dengan pendapatan US$4,2 juta.

Sementara itu, di pasar Eropa film tersebut hanya mengalami penurunan sebesar 37% di tengah menyusutnya jumlah penonton akibat terjadinya badai salju di sana. Negara yang menunjukkan penurunan paling minim adalah Belanda dan Perancis yang masing-masing turun sebesar 13% dan 18%.

Sedangkan di pasar Asia Pasifik dan Amerika Latin jumlah penonton film tersebut mengalami penusutarn sebesar 53% dan 36%. Namun, di seluruh kawasan itu, film ini masih berhasil menduduki posisi pertama sebagai film terlaris.

Jumlah pendapatan Black Panther diperkirakan akan kembali mendapatkan pendapatan tambahan dalam jumlah besar dari pasar China yang baru akan dibuka pada pekan depan. Sebelumnya, film Marvel lainnya Thor: Ragnarok berhasil mendapatkan US$112 juta secara keseluruhan.

Sementara itu, posisi kedua dalam daftar box office pekan ini diisi oleh film thriller yang dibintangi aktris Jennifer Lawrence Red Sparrow. Film tersebut mencatatkan debut manis dengan pendapatan sebesar US$ 26,5 juta dari 8.744 layar di 65 pasar internasional. Film ini menempati posisi pertama di 10 negara, termasuk Taiwan dengan US$2,4 juta, Spanyol dengan US$2 juta dan Italia dengan US$1,5 juta.

Di posisi ketiga bertengger film The Shape of Water yang masuk dalam 13 nominasi Oscars. Film ini mendapatkan US$9,1 juta dari 4.419 layar di 49 pasar. Secara global film ini telah mendapatkan US$69 juta. Jumlah itu masih akan bertambah dengan adanya enam pasar tambahan, termasuk China, yang baru akan dibuka pada pada pada 16 Maret.

Selanjutnya, posisi empat dan lima box office diisi olehThree Billboards Outside Ebbing Missouri dengan US$5,5 juta dari 3.685 layar di 44 pasar, dan The Greatest Showmanyang mendapatkan US$5,3 juta dari 1.649 layar di 25 pasar. kbc10

Bagikan artikel ini: