Bos Kadin impian ada sejuta petani dan peternak bermitra dengan pengusaha

Rabu, 07 Maret 2018 | 15:50 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) membidik satu juta petani, peternak, serta nelayan bermitra dengan pelaku usaha. Kemitraan tersebut dimaksudkan sebagai upaya pemerataan ekonomi Indonesia.

Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani mengatakan, sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang memberikan kontribusi sebesar 13 persen-14 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Namun, sumbangan itu tidak didukung dengan pertumbuhan PDB secara nasional yang hanya sebesar 3 persen-4 persen per tahun.

"Pertanian dapat menjadi leading sector untuk memperkecil kesenjangan ekonomi dengan memerhatikan kesejahteraan petani yang menjadi penentu dalam ketahanan pangan," ujar Rosan, Selasa (6/3/2018).

Produktivitas sektor pertanian harus ditingkatkan karena sumbangan pertumbuhannya disebut-sebut relatif besar terhadap ekonomi nasional.

Bahkan, sektor pertanian, dan peternakan, termasuk perikanan dapat menyerap tenaga kerja hingga 50 juta orang. "Sektor tersebut adalah sektor yang penyerapan tenaga kerjanya paling banyak, yaitu hampir 50 juta. Tetapi, pertumbuhan PDB-nya tiap tahun hanya sampai empat persen" terang Rosan. kbc10

Bagikan artikel ini: