Akhir bulan ini, pajak UMKM dipangkas jadi 0,5 persen

Kamis, 08 Maret 2018 | 08:38 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kabar gembira bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pemerintah memutuskan akan memangkas pajak bagi UMKM dari sebelumnya satu persen menjadi 0,5 persen per akhir bulan ini.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo dalam Rapimnas Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Tangerang, Rabu (7/3/2018). "Sudah kami rapatkan dan akhir bulan ini pajak akan diturunkan menjadi 0,5 persen," ujarnya.

Penurunan tarif tersebut menurut Jokowi, seiring banyaknya keluhan UMKM terhadap Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013 tentang Pajak UMKM bersifat final sebesar satu persen dan berlaku bagi UMKM dengan omzet maksimal Rp4,8 miliar dalam setahun.

Jokowi mengaku, awalnya menginstruksikan penurunan pajak final UMKM menjadi 0,25 persen. Namun, penurunan tersebut dikhawatirkan Menteri Keuangan Sri Mulyani berpengaruh pada pendapatan pemerintah.

"Tapi Ibu Menkeu (Sri Mulyani) ngotot katanya akan berpengaruh ke pendapatan pemerintah. Akhirnya ditawar menjadi setengah dan saya ikut," ujar mantan Wali Kota Solo ini.

Sebelumnya, pemerintah telah memasukkan rencana penurunan PPh UMKM dalam APBN 2018. Pemerintah juga akan memastikan kemudahan peraturan pajak pertambahan nilai (PPN).

Pengaturan tarif murah dan perhitungan sederhana, diharapkan bisa mendongkrak kesadaran UMKM dalam bayar pajak. kbc10

Bagikan artikel ini: