Rupiah terus melemah, Menko Luhut: Jangan salahkan Menteri Keuangan

Kamis, 8 Maret 2018 | 09:13 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan meminta kepada kepada beberapa pihak untuk tidak menyalahkan Menteri Keuangan terkait pelemahan rupiah yang terjadi sejak Februari 2018.

Luhut B. Pandjaitan menuturkan, pelemahan rupiah semata-mata murni karena pengaruh global. Justru fundamental ekonomi Indonesia sangat baik, sehingga tidak bisa dijadikan alasan.

"Tidak ada data ekonomi yang tidak bagus di Indonesia, kalau rupiah goyang jangan terus salahkan Menteri Keuangan, karena memang murni pengaruh dari global," tegas Luhut di kantornya, Rabu (7/3/2018).

Sementara itu Staf Khusus Menko Kemaritiman Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, pengaruh global lebih dikarenakan sentin yang terjadi di Amerika Serikat (AS).

Setidaknya ada dua isu yang mempengaruhi pergerakan mata uang negara-negara di dunia. Pertama, rencana kenaikan suku bunga oleh bank sentral Amerika Serikat (AS) atau The Federal Reserve (The Fed) yang kemudian mmenimbulkan banyak spekulasi di pasar dunia.

Kedua, sentimen rencana penetapan bea masuk untuk produk baja dari beberapa negara. Rencana ini memicu risiko perang dagang AS dengan beberapa negara, salah satunya China.

Namun demikian, Purbaya memastikan pemerintah dan Bank Indonesia akan terus berkoordinasi dalam menjaga fluktuasi rupiah bisa dikendalikan. "Jadi enggak ada alasan ekonomi kita lemah kemudian rupiah melemah, memang globalnya seperti ini," tutur Purbaya. kbc10

Bagikan artikel ini: