303 Daerah belum miliki Satgas Pengawal Investasi, mana saja?

Jum'at, 09 Maret 2018 | 08:53 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Pengawal Investasi di 34 provinsi masih belum selesai. Setidaknya, ada empat provinsi yang masih belum menyelesaikan pembentukan satgas tersebut.

Deputi Bidang Industri dan Perdagangan, Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Edy Putra Irawady menjelaskan, empat provinsi yang dimaksud adalah Kalimantan Tengah, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat. Sementara itu daerah yang dimaksud meliputi 251 kabupaten dan 52 kota. Sehingga bila ditotal, ada 303 unit satgas yang masih belum terbentuk.

"Itu daerah belum banyak terbentuk satgas (pengawal investasi). Kita butuhnya, 524 tapi yang belum terbentuk itu ada 307," ujarnya di Gedung Kemenko Perekonomian, Kamis (8/3/2018).

Dia menjelaskan sebenarnya pembentukan 528 Satgas Pengawal Investasi itu diharapkan sudah selesai seluruhnya pada 28 Februari 2018 lalu. Namun kenyataanya terdapat kendala sehingga target tidak terpenuhi.

Menurut Edy, kendala yang terjadi adalah soal pemahaman mengenai tugas yang harus diemban serta kesiapan pemerintah daerah. "Dugaan saya sebagian besar masalahnya di pemahaman, di samping belum siap karena kan harus mengenal teknologi yang digunakan untuk mengurus investasi. Jadi masalah gaptek, kesiapan dan pemahaman," pungkasnya.

Sebelumnya, pemerintah berencana membentuk satgas pengawal investasi di tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota. Anggota satgas ini bertugas untuk mengawal investasi yang akan masuk ke daerah tersebut, mulai dari memastikan proses perizinan hingga mengurai masalah-masalah yang menghambat.

Adapun pembentukan satgas pengawal investasi merupakan upaya mendorong laju pertumbuhan ekonomi Indonesia agar bisa mencapai 5,4 persen pada 2018. kbc10

Bagikan artikel ini: