Restoran dengan menu dan suasana khas Spanyol hadir di Surabaya

Jum'at, 09 Maret 2018 | 23:48 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Anda penyuka kuliner Spanyol, atau makanan Western? Kini tidak perlu jauh-jauh pergi ke negeri Matador tersebut. Pasalnya, di Surabaya kinii ada restoran yang menyajikan makanan khas Spanyol, dengan nama Altoro Spanish Gastrobar.

Bukan hanya menu khas, suasana, desain interior dan pernak-pernik restoran yang berlokasi di kawasan Jalan Raya Kupang Indah Surabaya tersebut juga membuat pengunjungnya bak berada di negara Eropa tersebut.

Owner Altoro Spanish Gastrobar, Andrew Loekman mengatakan, nama Altoro sendiri berasal dari kata Suerte Y Altoro yang dalam bahasa Inggris yakni "Good Luck, Go For It" atau semoga sukses. Dipilihnya menu khas Spanyol tersebut selain didasari oleh kegemarannya terhadap kuliner negara tersebut, juga sebagai pilihan bagi masyarakat Surabaya, apalagi kini berburu kuliner telah menjadi gaya hidup di masyarakat.

"Dan kebetulan mitra bisnis kami dari Spanyol tertarik untuk bekerja sama membangun restoran ini di Surabaya," katanya, Jumat (9//3/2018).

Dipaparkannya, berbagai macam hidangan tersedia mulai dari yang ringan seperti kroket ala Spanyol, hingga hidangan utama seperti steak, gazpacho (sup tomat), paella yang memang merupakan makanan khas Spanyol.

"Namun demikian, kami sudah sesuaikan dengan lidah orang Indonesia," jelas Andrew.

Assistant General Manager Altoro Spanish Gastrobar, Andreas Imanuel menambahkan, Altoro Spanish Gastrobar memiliki dua lantai dengan konsep yang berbeda. Lantai satu merupakan area tapas dan cocktail, dengan konsep lounge yang digunakan untuk memperkenalkan konsep sharing dalam budaya Spanyol melalui makanan. Sedangkan, di lantai kedua pengunjung dapat menikmati gastronomic experience di area Restaurante.

"Lantai satu suasananya lebih cozy dengan minibar dan pada hari-hari tertentu ada live music, sementara lantai dua untuk dinner," bebernya.

Restoran ini menjadi unik karena bangunannya diadaptasi dari pasar tradisional legendaris di Spanyol. Bangunan ini juga dilengkapi toko kecil yang menjual berbagai macam merchandise.

"Selama masa grand opening atau mulai 18 hingga 31 Maret 2018, kami memberikan diskon spesial sebesar 15 persen untuk semua menu makanan di Altoro Spanish Gastrobar," ujar Andreas.

Selain itu, khusus pada saat grand opening, pengunjung dapat menikmati free tapas hingga harga spesial untuk menu cocktail. Altoro Spanish Gastrobar berharap konsep baru tersebut dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Surabaya, serta pelanggan dapat menikmati hidangan dan suasana terbaik di Altoro.

Sementara itu Ketua Asosiasi Pengusaha Restauran dan Kafe Indonesia (Apkrindo) Jatim, Tjahjono Haryono mengapreasi keberadaan restoran yang didirikan investor lokal dan investor Spanyol.

“Ini sebuah upaya para pengusaha yang patut mendapat apresiasi dari pemda setempat, di mana pengusaha berani mencoba sesuatu yang berbeda sekaligus membawa mitra bisnis asing ke Jatim,” katanya.

Diakuinya, hingga saat ini pun, pihaknya menerima informasi masih adanya sejumlah calon investor yang akan ekspansi usaha di bidang food and beverage di Surabaya dan Jawa Timur.

"Makanya perlu kerja sama antara pengusaha F&B, pengelola mal, serta pemerintah agar usaha ini terus berkembang, sehingga dampaknya tentu kepada pertumbuhan ekonomi dan penerimaan PAD," ujar Tjahjono.

Tjahjono menilai tahun ini  bisnis kafe dan restoran setidaknya tumbuh 15 persen, sama dengan pertumbuham tahun lalu. Saat ini anggota Apkrindo tercatat 160 pengusaha.  “Dua bulan pertama tahun ini memang mengalami penurunan seiring penurunan omzet di mall. Namun akan naik lagi saat liburan,”  pungkasnya. kbc7

Bagikan artikel ini: