Banyuwangi bidik wisatawan domestik asal Sumatera Utara

Minggu, 11 Maret 2018 | 08:14 WIB ET

BANYUWANGI, kabarbisnis.com - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memanfaatkan undangan dari Bank Indonesia (BI) untuk mengisi forum di Medan, Sumatera Utara, guna mempromosikan daerahnya ke sejumlah jaringan di provinsin terbesar di Pulau Sumatera tersebut. Anas Jumat (9/3) bertemu dengan eksekutif perbankan dan jajaran pemerintah kabupaten/kota di Sumut.

 

“Potensi wisatawan domestik di Medan sangat besar. Daerah ini adalah kota dengan ekonomi terbesar di luar Pulau Jawa, posisi Medan itu tiga atau empat besar di Indonesia jika kota-kota besar di Jawa dimasukkan,” ujar Anas di Banyuwangi, Sabtu (10/3).

 

Selama ini, sambung Anas, cukup besar jumlah warga Medan yang berwisata ke Bali, yang dekat dengan Banyuwangi.

 

“Jadi wajar jika kita lirik mereka untuk bisa datang ke Banyuwangi, apalagi sekarang akses Banyuwangi semakin mudah dari Surabaya dan Jakarta secara langsung. Selain Medan, tentu kita juga incar wisatawan nusantara dari kota-kota besar lain di Sumatera dan seluruh Indonesia,” imbuh Anas.

 

Untuk wisatawan mancanegara, Anas berharap ada limpahan wisatawan ke Banyuwangi dari Danau Toba. 

 

"Di Sumut ada Danau Toba, di Banyuwangi ada Kawah Ijen yang terkenal dengan fenomena api biru. Setelah dari Danau Toba, turis bisa terbang ke Banyuwangi lewat Jakarta atau Surabaya," kata Anas. 

 

Anas bercerita, di forum BI di Sumut itu dia juga memaparkan sejumlah destinasi wisata di Banyuwangi, mulai pantai, gunung, hingga hutan. "Selain itu, Banyuwangi pun kental dengan tradisi dan budaya lokal yang bisa menarik minat wisatawan Sumut," kata Anas.

 

Anas berharap pelaku wisata kedua belah pihak bisa berkolaborasi menggaet wisatawan. Kolaborasi ini diyakini bisa segera diwujudkan. Apalagi, dalam waktu dekat, tiga kabupaten yang ada di sekitar Danau Toba bakal berkunjung ke Banyuwangi untuk saling berkolaborasi. 

 

“Bulan ini ada tiga kabupaten di kawasan Danau Toba yang ke Banyuwangi. Bupatinya sudah kontak-kontak, jadi kita akan manfaatkan kesempatan ini," kata Anas. 

 

Walikota Pematangsiantar, Hefriasyah, yang ikut bertemu Anas, mengatakan, pihaknya siap berkolaborasi dengan Banyuwangi. Dia juga mengagendakan jadwal ke Banyuwangi.

 

"Saya memang harus ke Banyuwangi. Antardaerah harus bekerja sama biar semua maju, saling dukung, saling belajar,” kata dia. kbc9

Bagikan artikel ini: