BNI bikin aplikasi anyar genjot bisnis pembayaran nontunai

Minggu, 11 Maret 2018 | 08:25 WIB ET

MALANG, kabarbisnis.com: PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI kian getol melakukan kampanye pembayaran non tunai. Kali ini, dalam acara YAP! Fest di Batu, BNI telah meluncurkan satu aplikasi pembayaran non tunai berbasis quick response dengan scan QR Code melalui smartphone. 

“Aplikasi YAP! Ini dapat didownload melalui playstore dan appstore yang berbasis Android atau iOS. Melalui aplikaai ini, masyarakat tdak lagi harus mengunjukkan kartu debit/kredit (cardless) sebagai alat pembayaran,” ujar CEO BNI Wilayah Malang, Wiwi Suprihatno di Malang, Sabtu (9/3/2018) petang.

Tidak seperti aplikasi pembayaran smartphone lainnya yang hanya mengandalkan uang elektronik sebagai sumber dananya, pembayaran melalui aplikasi YAP! ini  menggunakan tiga sumber dana, yaitu Kartu Debit, Kartu Kredit, dan Uang Elektronik BNI (UnikQu) yang didaftarkan setelah mendownload YAP!.

“Dengan demikian, semua pengguna smartphone yang tidak memiliki rekening di BNI dapat dengan mudah menggunakan YAP! dengan sumber dana uang elektronik UnikQu. Sedangkan pengguna yang sudah menjadi nasabah BNI dapat menambahkan semua kartu debit dan kartu kredit sebagai sumber dana,” tambahnya.

Lebih lanjut Wiwi Suprihatno menyampaikan bahwa, di era serba digital seperti saat ini, berbagai jenis teknologi digital mengalami perkembangan dan kemajuan yang luar biasa pesatnya. Perkembangan dunia digital sudah dapat terlihat dan ditemukan pada anak-anak muda yang biasa disebut kaum milenials / Gen-Y atau anak zaman now atau anak kekinian, yang mana mereka memiliki sebuah gaya hidup yang tidak bisa lepas dari teknologi digital.

“Diantaranya adalah smartphone yang merupakan salah satu bentuk dari kemajuan digital. Ibaratnya lebih baik tertinggal dompetnya daripada tidak membawa handphonenya. Karena semua aktivitasnya ada di smartphone tersebut. Sesuai dengan harapan kita semua, ke depannya bahwa  seluruh transaksi dapat dilakukan melalui smartphone,” ujarnya.

Dengan kelebihan dan fitur yang ada di YAP! bisa menjadi pengganti peran mesin Electronic Data Capture (EDC) yang dapat memenuhi kebutuhan semua kategori user,  termasuk pedagang dari berbagai macam segmen, mulai dari pedagang kecil, UMKM, retail, toko jaringan (chain store), toko modern (premium), dan toko online (e-commerce).

“Keunggulan YAP! lainnya adalah kenyamanan penggunaan aplikasi dengan sistem keamanan yang handal, dengan dua tingkat keamanan pada saat login aplikasi menggunakan password dan bertransaksi menggunakan Personal Identification Number (PIN) sesuai sumber dana yang digunakan, yaitu Kartu Kredit BNI, Kartu Debit BNI, atau UnikQu,” pungkasnya.kbc6

Bagikan artikel ini: