Bakal pakai nomor KTP, pengguna medsos lebih berhati-hati unggah info?

Rabu, 14 Maret 2018 | 10:04 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mempertimbangkan penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP dan Kartu Keluarga (KK) untuk membuka akun di media sosial. Tujuannya biar penyebaran berita palsu atau hoaks bisa ditekan.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemkominfo, Niken Widiastuti mengatakan, dengan memakai identitas resmi, otomatis pengguna medsos akan lebih berhati-hari mengunggah berita-berita provokatif.

"Menurut saya rencananya ini cukup bagus dan harus dipertimbangkan. Jadi kalau pemilik akun bisa mempertanggungjawabkan apa yang mereka posting di media sosial," tuturnya.

Kemkominfo juga bekerja sama dengan kepolisian guna menekan pemberitaan palsu atau hoaks di media sosial. Kepolisian kini sudah memiliki tim ‎patroli siber untuk memantau seluruh pergerakan akun penyebar hoax untuk segera ditindak.

"Kepolisian kan sudah ada tim patroli siber untuk menanggulangi hoax ya, kami akan bekerja sama dengan kepolisian," kata Niken. kbc2

  •  

Bagikan artikel ini: