Perkuat daya saing pengusaha muda, HIPMI Jatim jalin kolaborasi dengan Pelindo III

Selasa, 20 Maret 2018 | 22:47 WIB ET
Dirut Pelindo III Ari Askhara bersalaman dengan Ketua Umum HIPMI Jatim Mufti Anam, disaksikan Ketua Dewan Kehormatan Muhammad Ali Affandi.
Dirut Pelindo III Ari Askhara bersalaman dengan Ketua Umum HIPMI Jatim Mufti Anam, disaksikan Ketua Dewan Kehormatan Muhammad Ali Affandi.

SURABAYA, kabarbisnis.com: Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur memperkuat kolaborasi dengan BUMN kepelabuhanan PT Pelindo III (Persero). Kolaborasi itu ditandai dengan audiensi jajaran pengurus HIPMI Jatim dengan manajemen Pelindo III di Terminal Teluk Lamong, Selasa (20/3).

Hadir dalam acara kolaboratif itu, Dirut Pelindo III Ari Askhara, Dirut PT Terminal Teluk Lamong Dothy, Direktur Keuangan dan SDM Teluk Lamong Eko Harijadi Budijanto, dan SVP Marketing Erry Akbar Panggabean.

Adapun dari HIPMI Jatim, hadir Ketua Dewan Kehormatan Muhammad Ali Affandi, Ketua Umum Mufti Anam, dan sejumlah pengurus lainnya.

Ali Affandi mengatakan, HIPMI bukan hanya berharap bisa memperkuat sinergi dengan Pelindo III untuk menggerakkan perekonomian lokal, tetapi juga ingin menyerap ilmu tata kelola perusahaan dan organisasi.

“Kami adalah pengusaha muda yang ingin terus belajar. Salah satu hal terpenting dari sinergi ini adalah kita bisa belajar good corporate governance dari perusahaan sekelas Pelindo III. Sehingga kami yang muda-muda ini bisa terus menata bisnis dengan baik,” ujar Andi, sapaan akrab Ali Affandi.

“Muaranya adalah peningkatan daya saing pengusaha muda Jatim,” imbuh Andi.

Ketua HIPMI Jatim Mufti Anam menambahkan, salah satu program kerja HIPMI Jatim adalah “Kolaboraksi”. HIPMI mengajak seluruh pengusaha muda beraksi saling berkolaborasi dengan berbagai stakeholder untuk memajukan ekonomi daerah. “Sinergi dengan Pelindo III ini adalah salah satu wujud konkritnya,” ujar Anam.

Dia mengatakan, HIPMI tidak ingin hanya jadi penonton di tengah geliat pembangunan ekonomi. “Maka kami berkolaborasi dengan Pelindo III untuk bareng-bareng membawa ekonomi Jatim semakin baik lagi,” jelasnya

Dirut Pelindo III Ari Askhara mengapresiasi program kolaborasi dari HIPMI Jatim. Pihaknya sangat terbuka untuk menjalin sinergi dengan berbagai pihak.

“Kami membuka kesempatan bagi HIPMI. Mari tumbuh bersama, besar bersama. Saya kira banyak hal yang bisa dilakukan bersama HIPMI Jatim untuk bikin ekonomi negara kita terus maju,” ujar Ari Askhara.

Terkait bisnis, dia memberi sejumlah strategi. Di antaranya meningkatkan skala bisnis menjadi prinsipal jika ingin berkolaborasi dengan Pelindo III. “Jadi bukan sebatas distributor, karena distributor hanya sebatas mencari marjin dari jual beli. Nah teman-teman HIPMI perlu naik kelas menjadi pemain yang lebih strategik,” ujarnya. kbc4

Bagikan artikel ini: