Game mobile yang kian digemari, ini data lengkapnya

Kamis, 22 Maret 2018 | 14:18 WIB ET

CALIFORNIA, kabarbisnis.com: Perusahaan penyedia data aplikasi mobile, App Annie dan International Data Corporation (IDC), merilis laporan penelitian "Gaming Spotlight, 2017 Review" yang menguraikan kondisi pasar game mobile. Laporan ini memaparkan penetrasi industri mobile gaming yang semakin membesar. Pertumbuhan game mobile juga lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan industri game konsol dan komputer pribadi.

App Annie dan IDC juga membahas soal melesatnya pamor gim live player vs player (PvP) atau co-op multiplayer ke posisi puncak tangga gim terlaris tahun lalu, ditambah pasar Asia Pasifik yang terus bangkit dan mendominasi pasar gim global, tidak hanya dalam belanja konsumen, tapi juga dalam produksi gim dan inovasi gameplay.

SVP Research App Annie, Danielle Levitas, mengatakan, belanja langsung mobile game telah melampaui total pengeluaran gabungan untuk gim konsol dan komputer pribadi. Total pengeluaran untuk gim di telepon seluler, lebih banyak dari sepertiga pada 2017, dibandingkan dengan selisih satu digit pada 2016.

"Belanja gim berkontribusi hampir 80 persen dari gabungan belanja konsumen di platform iOS dan Google Play, dan 35 persen dari seluruh unduhan di seluruh dunia. Selain itu, game mobile berhasil memperlebar jaraknya secara global di 2017. Belanja game mobile mencapai 2,3 kali belanja untuk gim di komputer pribadi dan 3,6 kali untuk game konsol," kata Danielle Levitas, dalam siaran pers.

Dengan jumlah perangkat mobile di seluruh dunia yang telah mencapai miliaran, aplikasi game mobile menjadi platform utama dari pangsa pasar gim yang luas, baik untuk kalangan gamerumum maupun profesional. "Aplikasi tersebut, memungkinkan penggunanya bermain kapanpun dan dimanapun mereka inginkan," tandasnya.

Dua gim terlaris di dunia pada platform iOS dan Google Play di tahun 2017, menawarkan gameplay PvP. Hal ini menunjukkan, selain elemen multiplayer sekarang mungkin diimplementasikan dalam perangkat seluler, elemen tersebut kini semakin populer dan menguntungkan.

Naiknya pamor gim Honor of KingsLineage 2 Revolution (Netmarble), Fantasy Westward Journey (NetEase) dan Lineage M (NCSOFT) ke puncak tangga penjualan game mobile terlaris membuktikan, game live multiplayer telah menjadi tren dan bahkan telah dianggap sebagai olahraga.

"Tahun 2017 menjadi tahun pertama yang mencatatkan tiga game PvP memimpin tangga gim terlaris di iOS, Google Play, dan konsol (Pokemon Sun/Pokemon Moon), yang diterbitkan The Pokemon Company, dan Nintendo 3DS/2DS, berada di puncak game mobileterlaris, serta menampilkan game live PvP," tambahnya. kbc10

Bagikan artikel ini: