Penggantian kartu ATM di BRI diprioritaskan nasabah yang dapat SMS

Selasa, 27 Maret 2018 | 16:08 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com:  penggantian kartu anjungan tunai mandiri (ATM) secara gratis akan diutamakan bagi nasabah yang mendapat notifikasi pemblokiran kartu melalui pesan pendek (SMS).

"Untuk nasabah yang tidak mengalami pemblokiran kartu ATM atau tidak mendapat SMS notifikasi, kami pastikan kartu ATM BRI mereka aman dan tidak perlu mengganti dengan yang baru," kata Corporate Secretary PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk Bambang Tribaroto dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/3/2018).

Pemblokiran kartu ATM dilakukan pada sebagian kartu nasabah yang diduga pernah digunakan untuk bertransaksi di ATM yang diindikasi terkena skimming. Bambang pun menyebut layanan penggantian kartu itu telah berlangsung sejak Jumat kemarin.

"BRI pun membuka layanan khusus terkait penggantian kartu di beberapa kantor cabang pada hari Sabtu dan Minggu kemarin," ucapnya.

Untuk nasabah yang telah mengganti nomor telepon seluler, kata Bambang, diharapkan mendatangi kantor cabang BRI terdekat. Sehingga nanti data pribadi dapat diperbaharui agar menerima notifikasi pesan pendek dari BRI pada masa mendatang.

Pelayanan penggantian kartu dimulai pukul 08.00 hingga 17.00. Menurut pemantauan Tempo di kantor cabang BRI Palmerah hari ini, tersisa sekitar tiga nasabah yang masih mengantre pada pukul 16.35. Petugas keamanan BRI menyebutkan nasabah berdatangan sejak pagi dan sebagian besar melakukan penggantian kartu.

"Kalau dari nomor antrean, hari ini sudah 168 orang nasabah yang datang," tuturnya.

Skimming merupakan metode yang digunakan pelaku kriminal untuk mengambil data yang terekam dalam magnetic stripe atau pita magnetik di belakang kartu ATM/debit/kredit.

Pelaku biasanya menaruh alat khusus pada mesin ATM yang sepi nasabah untuk membobol uang secara bertahap. Menurut Harsono, pelaku skimming dinilai lebih mudah membobol uang nasabah yang tidak dikontrol manajemen area publik tempat mesin ATM BRI ditaruh. kbc10

Bagikan artikel ini: