Perkuat jaringan distribusi di Jatim, Zurich buka kantor keagenan keempat di Surabaya

Rabu, 28 Maret 2018 | 20:31 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Perusahaan asuransi Zurich meresmikan pembukaan kantor keagenan keempatnya di Surabaya, yang berlokasi di daerah Bengawan. Peresmian kantor keagenan ini merupakan salah satu realisasi strategi perusahaan untuk memperluas pasar sekaligus menyediakan wadah operasional bagi tim agen pemasar asuransi di Jawa Timur khususnya Surabaya.

Chief Strategy and Operating Officer Zurich Topas Life Sutikno Sjarif menjelaskan, pertumbuhan tenaga agen sangat besar di Surabaya.

"Di Indonesia, agen masih menjadi garda terdepan yang menjembatani penyediaan akses serta edukasi asuransi kepada masyarakat. Hal inilah yang menjadi alasan strategis Zurich untuk mendirikan kantor keagenan yang keempat di Surabaya, melengkapi tiga kantor keagenan yang sudah ada,” ujarnya, Rabu (28/3).

Berdasarkan data penjualan Zurich Topas Life, penetrasi asuransi di Jawa Timur memperlihatkan pertumbuhan yang baik dan berkelanjutan. Adapun jumlah nasabah dari Surabaya menyumbang 6,33 persen dari total nasabah Zurich di Indonesia. Jumlah ini di tahun 2017 memberikan kontribusi rata-rata sebesar 20 persen terhadap total premi Zurich secara nasional. Dari segi segmentasi pasar, mayoritas nasabah Zurich di Surabaya berasal dari kalangan menengah ke atas dengan mayoritas merupakan profesional muda dan keluarga.

Chief Agency Officer Zurich Topas Life Budi Darmawan menambahkan, pemilihan tipe dan manfaat produk asuransi di Surabaya cukup variatif, sesuai dengan karakter dan kebutuhan mereka. Namun sejauh ini, Zurich Pro-Fit 8, produk asuransi jiwa dwiguna, menjadi primadona di kalangan nasabah Zurich di Jawa Timur. Zurich Pro-Fit 8 memberikan manfaat dan proteksi selama 20 tahun untuk pembayaran premi selama 8 tahun saja.

Zurich Pro-Fit 8 juga memberikan guaranteed return sampai dengan maksimum 270% dari total dana pertanggungan selama masa asuransi berjalan. Selama 2017, Zurich Pro-Fit 8 menyumbang pendapatan premi sebesar Rp 4,5 miliar di wilayah Surabaya dan sekitarnya.

Bisnis asuransi jiwa Zurich memiliki lebih dari empat ribu agen aktif di seluruh Indonesia. Untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya (Kediri, Malang, Sidoarjo) saat ini memiliki total 696 agen aktif atau 20 persen dari seluruh total agen Zurich.

"Dengan melihat kontribusi penjualan, kinerja agen-agen Zurich di Jawa Timur sudah tidak diragukan lagi. Kantor keagenan ini akan menaungi lebih dari 139 agen dan pada akhir tahun 2018 kami menargetkan jumlah agen sebesar 422 agen,” imbuh Joko Supriyanto, Principal Zurich Topas Life Surabaya. kbc10

Bagikan artikel ini: