Kunjungi Mal Pelayanan Publik Banyuwangi, ini kata Fahri Hamzah

Rabu, 04 April 2018 | 07:39 WIB ET

BANYUWANGI, kabarbisnis.com: Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah berkunjung ke Mal Pelayanan Publik Banyuwangi, Selasa (3/4).

Setibanya di mal itu, Fahri langsung berkeliling mengunjungi sejumlah loket pelayanan yang ada di sana. Salah satunya, loket Dinas PU Bina Marga dan Penataan Ruang. Di loket ini, Fahri melihat langsung petugas mendemonstrasikan advice planning kepada warga atau investor yang ingin mendirikan usaha di Banyuwangi. 

Melalui peta digital yang terpampang jelas di layar besar, petugas menjelaskan tentang lokasi-lokasi strategis dan lokasi-lokasi yang masuk dalam kawasan konservasi, yaitu kawasan yang dipertahankan sebagai lahan hijau dan tidak diijinkan untuk dialihfungsikan. 

“Ini adalah masa depan pelayanan publik di Indonesia. Semuanya sudah oke. Semuanya transparan dan tidak ada yang ditutup-tutupi. Mudah-mudahan ini bisa jadi contoh bagi daerah lain dan bisa menjadi tren yang dipercepat pelaksanaannya,” ujarnya.

Fahri pun menyaksikan secara cermat jalannya pelayanan di sejumlah loket di tempat yang mengintegrasikan layanan 150 surat/izin tersebut.

Mulai warga yang tengah mengurus mutasi dan obyek pajak baru di loket Badan Pendapatan Daerah, ijin praktik bidan di loket pelayanan perijinan Dinas Kesehatan, mengurus BPJS ketenagakerjaan dan kesehatan, hingga warga yang melakukan transaksi pembayaran pajak di loket Bank. 

“Ini bagus dan memang harus seperti ini. Warga cukup datang ke satu tempat, semua keperluannya bisa beres. Gak harus ngantri dan pindah-pindah tempat ke sana-kemari,” ujarnya.  

Tak hanya itu, Fahri juga tampak menyemangati petugas di setiap loket yang dia kunjungi. Salah satunya petugas di Loket Pemeriksaan Penyakit Tidak Menular dan Pos Bembinaan Terpadu (PTM posbindu) Dinas Kesehatan.

“Apa saja yang dites disini? Bayar berapa?” tanya Fahri kepada petugas.

“Semuanya gratis pak. Kami melayani pemeriksaan indeks masa tubuh, tensi darah, cek kadar gula darah, dan kolesterol,” jawab Dimas Oktabriantoro, petugas loket PTM Posbindu.  

“Bagus kalau gitu. Yang semangat bekerja ya, layani masyarakat dengan baik,” ujar Fahri menyemangati petugas.  

Banyuwangi sendiri meresmikan Mal Pelayanan Publik sejak tahun lalu. Di sini disediakan 150 layanan dalam satu atap, mulai administrasi kependudukan, izin usaha, pertanahan, izin layanan kesehatan, surat-surat kepolisian, BPJS, hingga PDAM. kbc9

Bagikan artikel ini: