Lima besar merek smartphone terlaris di Indonesia

Rabu, 04 April 2018 | 10:32 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Data IDC menunjukkan Samsung masih mempertahankan diri sebagai pemimpin pasar smartphone di Indonesia. Pada 2017, Samsung menguasai 31,8% pasar telepon pintar di Indonesia. Di posisi selanjutnya berturut-turut ada Oppo dengan penguasaan pasar 22,9%, Advan (7,7%), Asus (6,5%), dan Vivo (6,0%)

Associate Market Analyst IDC Indonesia Risky Febrian mengatakan, hambatan rantai suplai dan kompetisi yang semakin ketat menekan suplai barang ke pasar ponsel pintar pada 2017.

Dia menjelaskan, vendor ponsel pintar biasanya menggenjot distribusi pada 3 bulan terakhir setiap tahun untuk mengantispasi permintaan sekitar Natal dan momentum Hari Belanja Online Nasional.

“[Para vendor] tidak dapat melakukannya kali ini sehingga total pengiriman pada kuartal IV/2017 lebih rendah dari yang diharapkan, meskipun ada pertumbuhan signifikan dari vendor teratas," ujar Risky dalam siaran pers.

Pasar ponsel pintar juga terpengaruh oleh penaikan syarat minimal tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) dari 20% menjadi 30% yang berlaku mulai 2017. Para pemain utama yang memiliki kapasitas keuangan lebih kuat mampu segera memenuhi persyaratan tersebut, sedangkan vendor lain membutuhkan waktu penyesuaian lebih panjang.

“Di saat siklus penggantian gawai semakin panjang, vendor utama semakin unggul di Indonesia. Vendor lain yang kurang kompetitif, pasarnya tergerus,” kata Risky. kbc9

Bagikan artikel ini: