Tokopedia ingin kreator lokal bisa IPO

Senin, 09 April 2018 | 09:41 WIB ET

MEDAN, kabarbisnis.com: Tokopedia bersama kementerian dan lembaga terkait berharap agar kreator lokal di Indonesia bisa mengembangkan produknya hingga ke pasar internasional.

Hal ini diungkapkan dalam gelaran Makerfest 2018, ajang "unjuk gigi" kreator lokal yang diselenggarakan di 8 kota di Indonesia mulai April 2018. "Harapannya, kreator lokal bisa jadi tuan rumah di negeri sendiri dan kami juga mengharapkan mereka bisa sampai initial public offering (IPO)," kata Public Relation Committee Makerfest 2018 Siti Fauziah di acara Makerfest, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (7/4/2018).

Fauziah menceritakan, awalnya CEO Tokopedia William Tanuwijaya menemukan banyak kreator lokal atau pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berpotensi ketika mengunjungi sejumlah daerah.

Dari hal tersebut, muncul gagasan mengadakan ajang bagi kreator lokal agar mereka bisa mengembangkan diri serta dapat pendampingan yang tepat. Pendampingan yang dimaksud adalah memberi saran dan masukan tentang bagaimana mengembangkan bisnis para kreator.

Mulai dari pengembangan sumber daya manusia (SDM), inovasi, strategi pemasaran, branding, sampai akses permodalan. "Para kreator juga dapat konsultasi dengan berbagai pelaku usaha, konsultan bisnis, dan pengusaha ekonomi kreatif skala nasional," ujarnya.

Kegiatan Makerfest 2018 mengikutsertakan Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, serta Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Para kreator juga berpartisipasi dalam kompetisi, di mana akan dipilih tiga juara yang akan menerima modal usaha total Rp 1,5 miliar.

Setelah dari Medan, acara akan dilanjutkan di Padang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Bandung, dan Jakarta. Ajang tersebut dijadwalkan berlangsung hingga Desember 2018 dan melibatkan ratusan kreator lokal. kbc10

Bagikan artikel ini: