Bukan hanya modal, jiwa kreatif juga dibutuhkan dalam berusaha

Senin, 09 April 2018 | 10:05 WIB ET

SAAT Anda memulai bisnis, biasanya akan dihadapkan oleh beberapa tantangan. Problem klasik yang kerap dihadapi adalah seputar modal usaha. Selain itu, ada hal penting yang juga menjadi tantangan bagi pemula, yaitu jiwa kreatif. Jika kendala keuangan bisa diselesaikan melalui lembaga keuangan, lantas bagaimana menghadirkan jiwa yang kreatif?

Menghadirkan jiwa kreatif perlu diasah. Gail Tycer dalam artikelnya “Creative Ideas: 5 Simple Execises” mengatakan kita dapat menjadi orang yang kreatif dengan mengikuti beberapa latihan sederhana. Berikut ini rinciannya, seperti dikutip dari 10 Bisnis Paling Prospektif 2010-2020, karya Rauhana Salsabila.

1. Perhatikan sesuatu yang tampak aneh dan asing

Ketika menghadapi suat permasalahan, pikirkan semua solusi yang mungkin terjadi meskipun solusi tersebut tampak aneh dan menggelikan. Solusi terhadap sebuah masalah mungkin berada dalam kemungkinan tersebut.

2. Bawalah selalu catatan

Bawalah selalu catatan kecil yang dapat dibawa ke mana-mana. Setiap datang ide catatlah segera di notes tersebut. Begitu juga ketika sedang jenuh, segeralah lihat catatan tersebut. Dengan sering mencatat, siapa tahu akan mendatangkan inspirasi yang segar.

3. Ubah rutinitas

Cara yang sederhana adalah mengubah hal-hal rutin yang bisa kita pakai sehari-hari. Mengubah dekorasi kamar tidur, mengubah arah jalan ke kantor, mengganti cat kamar, mencoba-coba program komputer yang baru dan sebagainya. Perubahan dapat mendorong kreativitas.

4. Pelajarilah sesuatu yang baru

Mempelajari berbagai hal baru, seperti kebiasaan baru, olahraga yang baru, dan keterampilan baru. Salah satu contohnya adalah dengan belajar komputer, menjahit, membongkar-bongkar mesin, dan sebagainya. Seperti yang dilakukan Soichiro Honda, dia terinspirasi membuat Honda adalah dari kebiasaannya mengutak-atik mesin di bengkel ayahnya.

5. Praktikkan

Lakukan proses perubahan dengan tekun. Tidak semua solusi manjur dalam mengatasi masalah. Tidak semua masalah langsung dapat terselesaikan dengan satu solusi. Ada proses belajar yang harus dilewati. kbc10

Bagikan artikel ini: