Airbus siapkan fasilitas tempat tidur di pesawat bagi penumpang

Rabu, 11 April 2018 | 18:20 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perusahaan manufaktur pesawat asal Prancis, Airbus bekerja sama dengan Zodiac Aerospace tengah merancang fasilitas tempat tidur di pesawat bagi penumpang.

Airbus dan Zodiac Aerospace bekerja sama wujudkan fasilitas tempat tidur baru bagi penumpang yang dimuatkan ke dalam kompartemen kargo sebagai upaya menyempurnakan pengalaman penumpang serta memungkinkan maskapai untuk menawarkan diferensiasi layanan.

Head of Airbus Cabin & Cargo Geoff Pinner mengatakan, kerja sama tersebut diharapkan dapat menyempurnakan pelayanan penumpang dan juga menawarkan diferensiasi layanan.

"Pendekatan seperti ini dalam penerbangan komersial merupakan suatu langkah kemajuan dalam kenyamanan penumpang. Beberapa maskapai telah merespon 'mock-up' pertama kami dengan sangat positif. Kami sangat senang bekerja sama dengan Zodiac Aerospace dalam proyek ini, yang akan memperkenalkan pengalaman baru bagi penumpang dan memberi nilai tambah bagi maskapai," kata Pinner, Rabu (11/4/2018).

Modul yang akan muat di dalam kompartemen kargo pesawat tersebut memungkinkan maskapai untuk menawarkan diferensiasi pengalaman penumpang lewat layanan tambahan. Modul ini mudah ditukar dengan wadah kargo reguler jika diperlukan, terlebih lagi lantai dan sistem pemuatan kargo tidak perlu diubah karena modul ini bisa dipasang langsung di atasnya.

Pinner mengatakan, maskapai mulai dapat memilih modul baru ini mulai tahun 2020 dimulai dengan pesawat A330.

Maskapai penerbangan dapat memilih modul ini dari katalog solusi tersertifikasi mulai tahun 2020 untuk pemasangan pada pesawat A330 baik secara "retrofit" maupun "line-fit".

Pilihan untuk kompartemen tempat tidur di A350 XWB juga sedang dalam tahap kajian. "Inovasi ini merupakan hasil dari pengalaman Airbus dan Zodiac Aerospace dalam memproduksi dan mengintegrasikan fasilitas istirahat kru kabin di dek bawah pesawat." kata Pinner.

Chief Executive Officer of Zodiac Aerospace Cabin Branch Christophe Bernardini menyambut baik kerja sama tersebut. "Kita sangat senang bekerja sama dengan Airbus dalam proyek inovatif ini, yang menegaskan kemahiran kami dalam menyediakan solusi di dek bawah pesawat. Penyempurnaan pengalaman penumpang dan diferensiasi layanan adalah kunci penting dari persaingan antar maskapai," katanya. kbc10

Bagikan artikel ini: