Angkat derajat UMKM, ini komitmen Blibli.com

Kamis, 12 April 2018 | 09:42 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kini mulai melek teknologi. Kian banyak saja UMKM yang memasarkan produknya melalui toko online alias e-commerce. Sadar akan hal ini, pelaku e-commerce mulai memperhatikan mitra penjual terutama UMKM agar bisa sukses.

Vice President Merchant Development Improvement & Operation Blibli.com Geoffrey L. Dermawan bilang sepanjang tahun 2017, Blibli.com telah menggelar lebih dari 100 kegiatan pelatihan UMKM.

"Di tahun ini pelatihan akan tetap dilakukan dengan melakukan pendampingan kepada UMKM. Karena kami menyadari UMKM tidak cukup hanya dilatih tapi juga harus didampingi sampai dengan mampu berjalan secara mandiri," ujar Geoffrey, Rabu (11/4/2018).

Lanjut Geoffrey total kegiataan selama 2017, terkumpul 2.500 UMKM dari seluruh indonesia dan 10% sudah naik kelas. Artinya pengetahuan dan keterampilan mitra UKM sudah meningkat mengenai berjualan melalui e-commerce. Geoffrey optimis angka ini akan terus bertambah.

"Penanganan UMKM berbeda dengan merchant yang terbiasa jualan online. UMKM perlu penanganan yg khusus seperti pengenalan ati dasar internet, cara foto produk, kemasan, dan penggunaan sistem penjualan Blibli.com. Jadi prosesnya akan lebih panjang hingga mereka dapat menjadi penjual yang mandiri," jelas Geoffrey.

Blibli.com menargetkan dapat naikkelaskan 2.500 UMKM di 2018. Geoffrey menekankan UMKM yang dibina merupakan produsen produk lokal dan bukan reseller. Total penjual UMKM yang terdaftar di Blibli.com hingga saat ini sudah lebih dari 3000 UMKM dari seluruh daerah di Indonesia. kbc10

Bagikan artikel ini: