Menyusuri keindahan pulau-pulau eksotik di Jawa Timur

Senin, 16 April 2018 | 15:19 WIB ET

BERKELANA menyusuri pulau-pulau eksotik di Jawa Timur ibarat menikmati sekeping surga yang jatuh ke bumi. Keindahan bibir pantai yang tepermanai berpadu dengan pesona biota laut yang begitu kaya.

Pagi itu, tinggi matahari masih sepundak. Sinarnya menerobos dedaunan. Angin sepoi-sepoi. Langit biru berpadu dengan lautan lepas. Sungguh nikmat Tuhan mana lagi yang hendak kita dustakan.

Di pertengahan Januari 2018, pagi itu, Pulau Gili Labak tak terlampau ramai. Keheningan menambah keindahan saat menikmati sisa-sisa sunrise di pulau yang terletak di Kabupaten Sumenep, Madura, itu. Rasa tak sabar membawa kaki ini melangkah ke bibir pantai. Air laut terasa segar di kaki. Dan basahlah sekujur tubuh dibasuh air laut.

Pulau Gili Labak adalah satu dari sekian banyak pulau indah di Jawa Timur. Untuk mencapai Gili Labak, kita butuh waktu sekitar empat jam dari Kota Surabaya. Kita akan sampai di Dermaga Kalianget, sebelum kemudian menyeberang ke Gili Labak. Waktu yang terbaik ke sana adalah pagi hari sesuai jadwal penyeberangan.

Perjuangan digoyang ombak akan terbayar lunas bila kita sudah sampai di pulau tersebut. Pasir putih dengan daratan yang tak terlampau luas membuat kita bersyukur atas besarnya anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa.

Salah satu atraksi paling membuat candu di pulau ini adalah menikmati kekayaan bawah lautnya. Cobalah snorkling untuk melihat sendiri betapa memukaunya pergerakan bintang laut, keindahan terumbu karang, dan beragam ikan berwarna-warni. Hmm...pesona keindahan yang sulit dijelaskan dengan kata-kata.

Pulau Tabuhan, Banyuwangi

Satu lagi pulau wisata yang juga sangat indah adalah Pulau Tabuhan, Banyuwangi. Pulau ini kerap menjadi ajang beraksi para atlet selancar layang (kitesurfing) dan selancar angin (windsurfing) dari berbagai negara. Angin yang berembus dengan kencang sesekali membuat para  kitesurfer (peselancar layang) dan windsurfer (peselancar angin) terangkat dari air dan melayang-layang di udara. Fantastis!

Pulau Tabuhan merupakan sebuah pulau kecil tidak berpenghuni yang berada di wilayah utara Banyuwangi. Menuju ke Banyuwangi, wisatawan bisa menggunakan mobil, kereta api, maupun pesawat. Untuk mencapai Pulau Tabuhan, wisatawan hanya perlu menyeberang kurang lebih 15 menit dari Pantai Bangsring (20 menit dari pusat kota Banyuwangi) dengan menggunakan perahu.

Di sepanjang perjalanan menuju Pulau Tabuhan dengan pantai berpasir putih bersih ini wisatawan bisa menikmati pemandangan menawan gradasi warna laut mulai hijau, biru muda sampai biru tua. Kejernihan air juga bakal memanjakan wisatawan yang gemar berolahraga air seperti snorkling.

Sekarang mari kita jelajahi Pulau Bawean, pulau indah yang terletak di Kabupaten Gresik. Sekarang akses ke Pulau Bawean semakin mudah seiring pengoperasian Bandara Harun Tohir yang bisa diakses dari Bandara Juanda Surabaya. Sebelum ada pesawat, untuk mencapai Bawean, butuh waktu 3 jam perjalanan laut, bahkan bisa sampai berjam-jam hingga pergantian hari jika ombak sedang tak bersahabat.

Pulau Bawean mempunyai luas 196 km persegi dengan daya pikat wisata yang luar biasa. Dari berbagai sudut pulau, semua bentuk keindahan selalu tersaji. Pasir putih menghampar luas. Soal keindahan bawah lautnya tak perlu lagi ditanyakan, sehingga pulau ini pun jadi salah satu spot snorkeling paling oke di Jawa Timur.

Puas bermain di pantainya, mari menjelajah daratan Pulau Bawean yang hanya punya dua kecamatan, yaitu Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak. Sungguh keren karena di sana ada danau air  tawar yang  eksotis  karena  bisa  berubah  warna  sesuai  musim. Di Bawean juga terdapat spesies rusa endemik yang dilindungi, yaitu Axis Kuhli. Saat ini jumlah rusa Bawean diperkirakan tinggal 400 hingga 600 ekor.

Perut lapar saat menyusuri keindahan Bawean akan dijawwab dengan beragam kuliner seafood segar.

Memang sungguh eksotis menikmati kepingan surga yang turun di bumi Jawa Timur. Pasir putih yang halus, air laut yang jernih, dan biota lautnya yang menawan adalah janji yang tak pernah diingkari pulau-pulau wisata nan indah ini kepada para pengunjungnya. kbc4

Bagikan artikel ini: