Menggiurkan, Astra berambisi tambah investasi di sektor jalan tol

Kamis, 19 April 2018 | 08:29 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Astra Internasional Tbk (ASII) berambisi untuk memperkuat ekspansi ke sejumlah sektor bisnis. Salah satu bisnis yang dilirik yaitu jalan tol. Manajemen ASII menyatakan bahwa perusahaan masih membuka pintu terhadap investasi-investasi di jalan tol.

ASII saat ini masih mempelajari peluang bisnis yang ada, termasuk pada rencana pemerintah untuk mendivestasi aset-aset BUMN di jalan tol. "Kami berminat terutama untuk bisnis jalan tol di Trans Jawa," kata Investor Relation ASII, Tira Ardianti, Rabu (18/4/2018).

Minat perusahaan terhadap Trans Jawa bukan tanpa pertimbangan. Menurut Tira, trafik yang lebih besar di Trans Jawa menjadi salah satu alasan ASII fokus untuk ekspansi di jalan tol tersebut.

Lanjut Tira, saat ini, perusahaan sudah melakukan beberapa ekspansi ke bisnis jalan tol, seperti investasi di Cikopo dan Palimanan. Selain itu, ASII juga baru saja menambah porsi kepemilikan di Trans Marga Jateng, sehingga saat ini, ASII memiliki 40% kepemilikan di ruas tol tersebut.

Rencana pemerintah menurunkan tarif jalan tol juga tidak memadamkan keinginan ASII untuk berbisnis jalan tol. Sebab, menurut Tira, ASII meyakini akan ada kompensasi-kompensasi tertentu yang diberikan pemerintah terkait penurunan tarif jalan. kbc10

Bagikan artikel ini: