Ngeri banget, utang dunia kian mengkhawatirkan, tembus jutaan triliun

Kamis, 19 April 2018 | 13:17 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Dana Moneter Internasional (IMF) menyebut, utang dunia kini telah mencapai batas yang mengkhawatirkan. Utang seluruh dunia, baik utang negara maupun swasta, telah mencapai US$ 164 triliun atau Rp2,21 juta triliun pada 2017, atau 225 persen dari keseluruhan total PDB dunia. Angka ini tercatat 12 persen di atas level tertinggi yang sebelumnya terjadi pada 2009.

IMF pun memperingatkan agar negara-negara mempersiapkan keuangan mereka menghadapi kemungkinan krisis.

Berdasarkan data IMF, Tiongkok memberi kontribusi signifikan terhadap utang dunia. Rasio utang Tiongkok nyaris mencapai 300 persen dari PDB atau sekitar US$ 27 triliun.

Utang Amerika Serikat juga menggila. Kebijakan pemotongan pajak dan sekaligus meningkatkan belanja negara membuat AS bisa berutang lebih banyak. Rasio utang (publik dan swasta) terhadap PDB AS telah menembus level 331 persen.

Adapun rasio rata-rata utang negara berkembang secara keseluruhan mencapai 50 persen dari PDB.

"Negara dengan utang tinggi ada di posisi rentan terhadap krisis global yang bisa membahayakan akses pasar dan kegiatan perekonomian," kata IMF dalam keterangan resminya Rabu (18/4) waktu setempat. "Diperlukan langkah tegas untuk memperkuat jaring pengaman fiskal dan memanfaatkan sebaik-baiknya siklus pertumbuhan ekonomi". kbc9

Bagikan artikel ini: