Segera dibangun lagi, Menhub jamin jembatan Widang bisa dilewati saat Lebaran

Jum'at, 20 April 2018 | 10:05 WIB ET

MAKASSAR, kabarbisnis.com: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan Jembatan Babat di Tuban, Jawa Timur yang putus bukan satu-satunya akses jalan yang bisa digunakan dari Lamongan menuju Tuban.

"Kalau dikatakan akses satu-satunya itu tidak, karena di titik itu sudah ada solusi untuk akses, lewat jalur daendels di selatan, ada alternatif," kata Budi Karya di Universitas Cokroaminoto, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (19/4/2018).

Budi Karya memastikan bahwa jalur tersebut sudah bisa digunakan ketika Lebaran nanti. Untuk itu, dia mengaku telah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait perbaikan dan pengoperasian jembatan itu.

"Kita sudah koordinasi dengan Kementerian PUPR bahwa itu akan dibangun kembali dalam waktu 40-45 hari dan harapannya lebaran selesai serta bisa digunakan," imbuh Budi Karya.

Seperti diketahui, jembatan nasional yang menghubungkan Kabupaten Lamongan-Tuban, tepatnya Jembatan Babat-Widang, ambruk, pada Selasa (17/4/2018). Jembatan yang ambruk adalah jembatan lama yang berada di sisi kiri dari arah Lamongan menuju Tuban. Akibat putusnya jembatan barat (dari dua jembatan kembar), arus kendaraan dialihkan sementara. Jembatan yang baru, sebelah timur, saat ini masih satu arah, yakni hanya dimanfaatkan kendaraan dari Tuban. kbc10

Bagikan artikel ini: