Jonan: Ayolah, yang mampu jangan pakai LPG 3 kilogram

Jum'at, 20 April 2018 | 10:54 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengimbau kepada masyarakat mampu untuk tidak menggunakan tabung Liquified Petroleum Gas (LPG) 3 kg yang disubsidi pemerintah dan beralih ke tabung LPG 5,5 kg dan 12 kg.

"Saya mengimbau, LPG 3 kg itu diperuntukkan saudara-saudara kita yang masih kurang beruntung. Kalau yang mampu, masa ada foto orang naik Pajero beli LPG 3 kg. Empatinya kan sudah kurang ini," ujar Menteri Jonan.

Dia menuturkan, jelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, Pemerintah juga meminta Pertamina untuk menertibkan adanya penyalahgunaan LPG 3 kg. "Pertamina sudah bilang sama saya mau menertibkan yang oplosan. Beli LPG 3 kg dioplos jadi 12 kg. Tidak boleh itu," tegas Jonan.

Sementara itu terkait rencana distribusi tertutup LPG 3 kg, Jonan menyampaikan rencana tersebut masih terus dikaji. "Saya kira persiapannya panjang. Setiap daerah yang pasok LPG 3 kg itu wilayahnya luas sekali, dengan kondisi wilayah geografis yang berbeda-beda, kultur masyarakat pun berbeda-beda. Kalau pun mau dilaksanakan, mungkin butuh waktu sekitar 1-2 tahun untuk persiapan," pungkas Jonan. kbc4

Bagikan artikel ini: