Forsana ikut dukung haul Letda Inf KH Malik, tokoh pahlawan kemerdekaan kawasan Malang

Minggu, 22 April 2018 | 20:30 WIB ET

MALANG, kabarbisnis.com: Forum Santri Nasional (Forsana) terlibat aktif dan ikut mendukung penyelenggaraan rangkaian acara Haul Letda Inf KH Malik yang diselenggarakan mulai Sabtu-Minggu (21-22 April 2018) di kawasan Buring, Kota Malang.

Seperti diketahui, rangkaian acara haul tokoh agama sekaligus pahlawan kemerdekaan RI itu digagas oleh sejumlah elemen masyarakat yang juga merupakan bagian dari peringatan Hari Lahir Nahdhatul Ulama (NU) ke-95.

Selain Forsana yang turut mendukung, acara tersebut juga digagas dan dimotori PC NU Kota Malang, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya, dan Majelis Hikmah Islam.

Ketua Umum Forsana, KH Thoriq Darwis bin Ziyad atau yang biasa dipanggil Gus Thoriq itu menyatakan pihaknya secara khusus sangat mendukung dan ikut terlibat secara langsung dalam rangkaian acara Haul Letda Inf KH Malik.

"Dukungan Forsana ini atas acara ini [rangkaian Haul Letda Inf KH Malik] sesuai dengan visi dan misi pembentukan Forsana yang ingin meletakan nilai-nilai agama islam dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena bagimanapun KH Malik ini tokoh agama [ulama] sekaligus tokoh perang kemerdekaan yang mesti dikenang jasa-jasanya," kata Gus Thoriq yang juga pengasuh Pondok Pesantren Babussalam Kecamatan Gondanglegi Kab. Malang sebagaimana dikutip dari Siaran Pers Forsana, Minggu (22/4/2018).

Gus Thariq mengungkapkan bahwa rangkaian Haul KH Malik ini telah diawali dengan acara sarasehan yang melibatkan sejumlah pembicara yang diselenggarakan Sabtu (21/4/2018).

Beberapa pembicara dalam acara sarasehan tersebut diantaranya dari  Korem 083 Baladhika Jaya, Lakpesdam NU, Akademisi serta Pelaku sejarah, H Fakieh Zakaria.

Gus Thariq yang juga penggagas Hari Santri itu mengatakan organisasinya sangat intens untuk mendukung acara atau kegiatan yang bervisi dan misi meneguhkan kalangan Santri senantiasa taat dan cinta NKRI.

"Jadi dukungan dan keterlibatan dalam acara Haul KH Malik ini merupakan implementasi dari visi serta misi Forsana, karena ketauladanan peran besar yang dilakukan Letda Inf KH Malik patut untuk selalu dikenang," tegasnya.

Gus Thoriq menambahkan Forsana sengaja terlibat ini karena mengangkat Haul Pahlawan yang berlatar belakang Kyai. "Konteksnya agar publik bisa memahami bila kaum Santri memiliki kontribusi besar dalam mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ungkapnya.

Khusus untuk puncak acara Haul, kata Gus Thoriq, yang akan diselenggarakan Minggu Malam ini segenap anggota Forsana turut hadir dalam memeriahkan acara tersebut.

Sementara itu, Sekretaris PCNU Kota Malang, H Asif Budairi menyatakan bahwa rangkaian acara Haul KH Malik yang diawali sarasehan ini merupakan satu rangkain dengan kegiatan Harlah NU ke-95.

"Secara khusus Harlah NU diperingati bersamaan dengan Haul Letda Inf KH Malik yang dipusatkan di Kelurahan Buring Kotamadya Malang ini," kata Asif Sabtu Malam (21/4/2018).

Sementara itu, Pengasuh Majelis Hikmah Islam (MHI) Ustads Hisa Al Ayubi menjekaskan pelaksanasn Haul KH Malik ini sebenarnya sudah berlangsung sebanyak 2 kali.

"Alhamdulillah pada peringatan Haul KH Malik pada 2018 ini dilaksanakan dengan sedikit berbeda dengan antusiasme warga yang sanga tinggi sekali," kata Hisa.

Selanjutnya Gus Thariq mengungkapkan bahwa untuk puncak acara Haul Minggu Malam akan diisi dengan pembacaan dan pelantunan Sholawat.

"Pelantunan Sholawat ini akan dikuti oleh warga Buring khususnya dan Malang secara umum. Pembacaan Sholawat ini juga diharapkan sebagai permohonan doa kepada Allah SWT agar selalu memberikan limpahan kedamaian bagi Bangsa dan Negara Indonesia."

Seperti diketahui bahwa pada saat acara sarasehan warga yang hadir sangat banyak dan meluber sehingga lokasi yang disedikan tidak mencukupi.

"Untuk acara puncak Haul KH Malik dengan pembacaan Sholawat diperkirakan dihadiri sekitar 10.000-an warga Buring dan sekitarnya. Acara ini juga semakin semarak dengan dukungan warga yang mensupport atas suguhab wedang kopi gratis termasuk jajanan gorengan dan camilan lainnya yang bersifat swadaya dari warga, " ujar Gus Thoriq.

Ketua PWI Malang Raya M Ariful Huda menyatakan antusiasmenya dan pihaknya memberikan dukungan penuh atas penyelenggaraan rangkaian acara Haul Letda Inf KH Malik yang menjadi rentetan acara Harlah NU ke-95 di Kota Malang.

"PWI Malang Raya sangat mensupport penuh acara ini agar bisa menjadi tauladan generasi penerus tentang peran ulama dan santri dalam mendirikan NKRI," katanya. kbc9

Bagikan artikel ini: