Pasar potensial, OT Group incar masuk lima besar pemain AMDK

Senin, 23 April 2018 | 08:25 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Sebagai negara dengan jumlah penduduk yang besar, Indonesia dinilai sebagai pasar potensial untuk produk air minum dalam kemasan (AMDK).

Hal ini yang mendasari OT Group untuk merambah bisnis AMDK, dengan mengusung merek Crystalline. Perusahaan ini bahkan mematik target bisa masuk menjadi lima besar di pasar domestik.

Head Corporate and Marketing Communication OT Group, Harianus Ikhtiar Zebua mengatakan, saat ini produk Crystalline sudah lengkap, mulai dari kemasan gelas, botol dan galon. Distribusinya juga sudah menjangkau seluruh Indonesia. "Mudah-mudahan kami bisa mendekati lima besar pemain air mineral, kami berusaha bisa masuk ke sana dengan jaringan distribusi yang kuat, ujar Harianus, baru-baru ini.

Perusahaan ini juga melakukan branding produk agar masyarakat lebih familiar. Dari sisi produksi, OT Group sudah menyiapkan beberapa pabrik yang dekat dengan sumber mata air. Seperti pabrik di Sukabumi, Jawa Barat dan di Maros, Sulawesi Selatan.

Harianus yakin, target merangsek ke pemain utama di segmen air mineral terbuka lebar. Apalagi OT Group sudah terkenal sebagai pemain besar di sektor fast moving consumer goods (FMCG).

Performa itu juga diperkuat dengan jejaring distribusi OT Group, PT Arta Boga Cemerlang yang menjangkau seluruh Indonesia. "Misalnya di Sumatra Utara (Sumut), Nias itu cukup jauh, tetapi jangkauan distribusi sudah sampai sana. Di Sumut itu kami pemain baru tetapi pertumbuhan bagus, jadi orang mulai beralih dari brand lokal ke Crystalline," terangnya

Saat ini produk Crystalline sudah bisa ditemukan di berbagai wilayah bersamaan dengan produk FMCG OT Group. Secara perlahan, perusahaan juga akan mulai menggarap gerai-gerai ritel modern. "Crystalline sudah berusaha mengisi channel-channel umum di general trade. Untuk modern trade sudah ada tetapi pelan-pelan. Saat ini di Giant sudah ada dan di beberapa gerai lain juga sudah ada, ujarnya

Segmen hotel, restoran dan kafe (horeka) juga menjadi sasaran OT Group. Namun sejauh ini kontribusi penjualan terbesar masih datang dari konsumen ritel. "Semua segmen kami masuki, baik itu ritel maupun horeka, karena di Arta Boga Cemerlang (distributor) nemang ada penjualan ke segmen horeka," ujarnya.

Salah satu upaya memperkuat brand, Crystalline berpartisipasi di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Menurut Harianus, target pasar IIMS cocok dengan Crystalline. "Desain kami memang unik dan mewah, jadi cocok. Desain botol kami tidak standar, didesain agency dari luar negeri, memang best world design," klaimnya. kbc10

Bagikan artikel ini: