Pelindo III kenalkan aplikasi Home Terminal pada TOC Asia dii Singapore

Rabu, 25 April 2018 | 17:31 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Dalam rangka memperkenalkan inovasi terbarunya yakni Aplikasi HomeTerminal, Pelindo III turut berpartisipasi pada international event, TOC Asia yang bersamaan dengan Singapore Maritime Week diselenggarakan di Marina Bay Sands, Singapura selama dua hari (24-25/4).

TOC Asia merupakan event bergengsi yang berjalan sejak tahun 1995 terkait dengan dunia pelayaran, pelabuhan, dan terminal. Acara tersebut mempertemukan Shippers, Logistics Providers, Shipping Lines, 3PLs, Port Authorities, Terminal Operators serta menyajikan perkembangan teknologi terbaru.

Commercial & Operational Director Pelindo III, Mohammad Iqbal yang menjadi salah satu narasumber di TOC Asia memberikan paparan terkait kondisi beberapa pelabuhan yang masih banyak permasalahan mulai dari kemacetan lalu lintas, antrian di pusat pelayanan hingga biaya yang tidak transparan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Pelindo III berinovasi menciptakan Aplikasi Home Terminal: Port Solution in 1 Touch yang secara resmi di launching pada awal Februari lalu di Jakarta.

“HomeTerminal merupakan aplikasi yang diciptakan untuk mempercepat dan mempermudah proses pemesanan layanan jasa kepelabuhanan. Pelayanan kepelabuhan di era sekarang ini harus mudah, cepat, dan transparan sesuai yang kami terapkan di aplikasi tersebut. Terdapat empat fitur layanan yang terintegrasi dengan sistem operasi terminal (TOS). Yakni mulai dari vessel service, port activities, logistics, dan container management. Keempat fitur tersebut juga memungkinkan pengguna jasa memantau pergerakan kapal dan barangnya secara real-time online melalui smartphone,” jelas  Mohammad Iqbal dalam siaran pers yang diterima kabarbisnis.com, Surabaya, Rabu (25/4/2018).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa aplikasi yang pertama di Indonesia ini memberikan kemudahan bagi pengguna jasa pelabuhan dari segi operasional, pengiriman dan logistik. Selain itu, pengguna jasa juga memperoleh manfaat berupa efisiensi karena pengurangan biaya operasional.

HomeTerminal juga sebagai market place karena merupakan media marketing serta informasi ke customer dan pasar, dimana pengguna jasa bisa memilih jasa kepelabuhan dari penyedia jasa yang ada di pelabuhan dengan harga yang telah ditetapkan secara transparan.

Tahap awal aplikasi HomeTerminal di implementasikan untuk vessel service dan diperluas ke layanan terminal atau port activities di seluruh terminal di PelabuhanTanjung Perak. Selanjutnya di bulan April penerapannya meningkat hingga layanan logistik sampai berlanjut ke container management.

“Kami yakin ketika HomeTerminal sudah beroperasi penuh menangani semua layanan, kegiatan kepelabuhanan menjadi sangat efisien karena birokrasi menjadi lebih singkat,” tuturnya.

Di TOC Asia tersebut, Pelindo III juga membuka booth untuk memasarkan project-project strategis yang dimiliki kepada Stakeholder di dunia, seperti halnya memperkenalkan Green Port Automation di Terminal Teluk Lamong, Tourism Port Development di Pelabuhan Benoa dan Pelabuhan Gilimas Lombok, memasang model / maket Integrated Container Mover (ICM) serta memasang dummy / mock up HomeTerminal pada Smartphone.

TOC saat ini telah berkembang menjadi wadah rantai pasokan kontainer lengkap atau yang biasanya disebut Container Supply Chain, memberikan konten teknis dan juga menawarkan platform kepada para pemangku kepentingan.

Para pengunjung dapat mengetahui produk, ide, layanan dan teknologi penting untuk operasi bisnis mereka, jaringan dengan pemain kunci di industri pelayaran, pelabuhan dan terminal dan tetap up-to-date dengan teknologi terbaru, inovasi dan perkembangan industri. TOC Asia menggabungkan konferensi teknis internasional untuk membahas isu-isu industri.kbc6

Bagikan artikel ini: