150 Investor asing minati investasi di Jawa Timur

Kamis, 26 April 2018 | 09:51 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Sebanyak 150 perusahaan menghadiri kegiatan East Java Investmen Gathering yang diadakan di kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Jawa Timur. Kegiatan itu merupakan inisiatif dari Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Jawa Timur dan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE).

Direktur Fasilitasi Promosi Daerah BKPM Husen Maulana mengatakan, pihaknya mengundang investor asing yang berasal dari China, Hong Kong dan Singapura. "Dari catatan kami, kurang lebih 150 perusahaan hadir dalam acara investment gathering ini," ujarnya melalui keterangan pers, Selasa (24/4/2018).

Husen menambahkan, dalam kegiatan tersebut dimanfaatkan oleh investor untuk menanyakan hal-hal teknis terkait proses investasi di Indonesia. "Beberapa hal yang mengemuka terkait dengan izin tenaga kerja maupun prosedur pengiriman barang," kata Husen.

Dari data BKPM periode tahun 2017 menunjukkan, investasi asing di Indonesia sebagian besar berasal dari Singapura sebesar 8,4 miliar dolar AS (26,2 persen), Jepang sebesar 5,0 miliar dolar AS (15,5 persen) dan Tiongkok 3,4 miliar doalr AS (10,4 persen).

Sementara Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Jawa Timur Lili Soleh Wartadipraja menambahkan bahwa investment gathering merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh DPM-PTSP Jawa Timur untuk membangun komunikasi yang efektif dan efisien dengan para PMA (Penanaman Modal Asing) maupun PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri).

"Kami berharap kegiatan ini dapat menangkap permasalahan yang dihadapi oleh PMA maupun PMDN sekaligus memberikan solusinya," kata Lili.

Sebagai informasi, Jawa Timur merupakan salah satu kontributor realisasi investasi nasional. Dalam periode 2012 hingga 2017 realisasi investasi Jawa Timur tercatat naik dengan rata-rata 4 persen. Tahun 2017, Jawa Timur berhasil menyumbang realisasi investasi sebesar 4,9 miliar dollar AS. kbc10

Bagikan artikel ini: