Bangun superblok di Jember, Lippo Group guyur duit Rp1 triliun

Jum'at, 27 April 2018 | 08:57 WIB ET

JEMBER, kabarbisnis.com: Lippo Grup meresmikan kawasan superblok (mixed use development) dengan total nilai investasi Rp 1 triliun di Jember, Jawa Timur. Superblok yang dikenal dengan nama Jember Icon ini dibangun dengan fasilitas rumahsakit Siloam Jember dan Lippo Plaza Jember.

Pendiri Lippo Group, Mochtar Riady, menjelaskan, salah satu alasan utamanya berinvestasi di Jember adalah karena sejarah keluarga dan bisnisnya. “Jember adalah kota di mana saya memulai perjuangan membangun department store Nusantara pada 65 tahun lalu,” ujar Mochtar, Kamis (26/4/2018).

Jember juga merupakan kota kelahiran istri dan ketiga anak Mochtar.

Adapun, luas bangunan di kawasan ini mencapai 119.161 meter persegi dan telah menyerap 1.421 tenaga kerja lokal. Hal ini lantaran Lippo telah menandatangani MoU dengan Pemda Jember mengenai penyerapan tenaga kerja dan penggunaan produk lokal Jember.

Bupati Jember Faida menegaskan, ada tiga kesepakatan penting terkait investasi Lippo di Jember. Pertama, ketersediaan fasilitas difabel di seluruh bangunan. Kedua, perekrutan tenaga kerja mengutamakan warga Jember dan minimal 1% nya adalah difabel berkompetensi.

"Terakhir, operasional mal maupun rumah sakit ditunjang oleh sedikitnya 30% produk lokal. Terutama, outlet-outlet dalam mall," ujar Faida, Selasa (26/4/2018).

Selain rumah sakit dan pusat perbelanjaan, rencananya akan dibangun juga jaringan perhotelan dan Sekolah Dian Harapan yang akan melengkapi fasilitas dalam kawasan superblok ini.

Kontribusi pajak Jember Icon diperkirakan dapat mencapai Rp 40 miliar - Rp 50 miliar terhadap Pemda setempat. Sementara, sejak beroperasi tahun lalu, Lippo Plaza Jember telah membukukan nilai transaksi sebesar Rp 400 miliar. kbc10

Bagikan artikel ini: