Demi manjakan penggunanya, Instagram siapkan banyak fitur baru, apa saja?

Rabu, 02 Mei 2018 | 23:05 WIB ET

MENLO PARK, kabarbisnis.com: Hari ini merupakan perhelatan dari F8 yang merupakan konferensi pengembang tahunan Facebook. Di Forum tersebut Instagram baru saja mengumumkan sejumlah fitur terbarunya ke dalam platform. Ada banyak yang harus dibahas jadi mari kita masuk ke dalamnya.

Instagram mengumumkan lebih banyak aplikasi yang akan diintegrasikan untuk mengunggah langsung ke Stories. Dua aplikasi pertama yang diintegrasikan ke dalam Stories adalah Spotify dan GoPro.

Integrasi Spotify menghadirkan stiker lagu yang tertaut ke lagu lengkap di Spotify, sehingga pemirsa Anda dapat menikmati lagu, daftar putar, atau album. Anda juga dapat mem-posting ke Stories atau mengirim DM Instagram dengan lagu/playlist/album.

Integrasi GoPro bekerja hanya dengan memilih klip di aplikasi GoPro dan pengguna dapat berbagi langsung ke Instagram Stories. Dari sini, Anda diminta untuk memusatkan kembali dan/atau memotong video atau gambar sebelum mengunggah. Tidak perlu menghubungkan akun GoPro Anda dengan Instagram karena pembagian dilakukan secara lokal di perangkat melalui aplikasi Instagram.

Instagram menyatakan, integrasi baru di Instagram juga akan berfungsi ketika memposting Instagram Stories ke Facebook Stories. Lalu akan ada lebih banyak aplikasi dalam waktu dekat yang akan diintegrasikan ke Instagram Stories, seperti Spotify dan GoPro.

Mereka juga mengumumkan efek Augmented Reality (AR) terbarunya. Instagram telah memanfaatkan platform efek kamera Facebook untuk membawa efek AR dari akun selebriti, seperti Ariana Grande, Vogue, dan NBA. Efek AR ini berkisar dari filter wajah hingga filter lingkungan.

Fitur baru berikutnya adalah Obrolan Video. Ini dapat dimulai dengan mengetuk ikon video di sudut atas setiap utas pesan langsung, apakah itu dengan orang lain atau "kelompok kecil". Berdasarkan gambar berikut, dapat diasumsikan jumlah maksimal empat peserta per sesi percakapan video.

Beralih ke halaman Jelajahi Instagram baru, ini adalah laman yang dipersonalisasi untuk setiap pengguna guna menemukan orang dan akun baru untuk diikuti. Dibandingkan umpan, hal itu dikategorikan ke "saluran topik" sehingga pengguna dapat berbaur dengan lebih banyak arah. Jika menemukan topik yang disukai, Anda dapat melihat hashtag terkait.

Integrasi GoPro akan ditayangkan hari ini sementara integrasi Spotify bakal berlangsung besok. Sementara itu, dukungan Spotify untuk Facebook Stories masih dalam status "segera hadir".

Dilansir dari laman GSM Arena, Rabu (2/5/2018), efek kamera pihak ketiga yang baru dan halaman eksplorasi baru Instagram akan diluncurkan dalam beberapa pekan mendatang. Sedangkan Video Chat diluncurkan secara global segera. kbc10

Bagikan artikel ini: