Indonesia masuk Grup B bersama Thailand di Piala AFF 2018

Kamis, 03 Mei 2018 | 09:22 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Indonesia dipastikan akan berada satu grup dengan Thailand, Filipina, Singapura, dan pemenang babak kualifikasi di Piala AFF 2018 mendatang setelah pengundian dilakukan di Hotel Mulia, Jakarta, pada Rabu (2/5/2018). Indonesia berada dalam Grup B dan akan menjalani babak grup mendatang dalam sistem kandang dan tandang.

Satu tempat di Grup B sendiri masih akan diperebutkan oleh Timor Leste dan Brunei Darussalam, yang akan menjalani pertarungan dalam dua leg pada 3 September dan 11 September 2018 mendatang.

Grup B bisa dianggap lebih 'ringan' ketimbang Grup A yang diisi oleh Vietnam, Malaysia, Myanmar, Laos dan Kamboja.

Dengan hasil itu, Timnas Indonesia berpeluang untuk lolos ke babak berikutnya. Mereka praktis hanya akan bersaing dengan Thailand untuk meraih posisi pertama dan kedua. Timnas Indonesia akan memulai perjalanan di turnamen itu pada 9 November 2018 melawan Singapura.

Yang menarik, grup yang akan dihadapi Indonesia nanti adalah grup yang hampir sama dengan yang dihadapi oleh Indonesia pada Piala AFF tahun 2016 lalu. Ketika itu, Indonesia juga berada satu grup dengan Thailand, Filipina, dan Singapura. Namun per tahun ini, AFF menambah jumlah peserta di putaran final dari delapan menjadi 10, sehingga kini Indonesia juga harus menghadapi salah satu dari Timor Leste dan Brunei di fase grup.

Selain bertambahnya jumlah peserta, mulai turnamen tahun 2018 ini, babak grup Piala AFF akan digelar dengan sistem kandang dan tandang, yang berarti tidak ada lagi satu tuan rumah khusus untuk setiap grup seperti pada edisi sebelumnya.

Dalam acara pengundian ini, AFF juga memperkenalkan logo baru AFF Suzuki Cup dengan desain yang lebih modern dengan warna dominan biru dan merah.

Piala AFF 2018 akan digelar pada 8 November hingga 15 Desember 2018 mendatang. Dalam kesempatan terakhir pada tahun 2016 lalu, Indonesia berhasil finish sebagai runner-up setelah takluk dengan agregat skor 3-2 dari Thailand. kbc10

Bagikan artikel ini: